Kapal Selam Tempur Pertama Di Dunia Tenggelam Saat Diuji

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 16 November 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta- Kapal selam tempur pertama di dunia, H.L. Hunley, tenggelam selama uji coba dan menewaskan pembuatnya serta tujuh awak kapal lainnya pada 15 Oktober 1863.

Mengutip dari Liputan6.com (14/11/2020) kapal selam sebesar 40 kaki dari boiler silinder itu dikembangkan oleh Horace Lawson.

Kapal tersebut dioperasikan delapan awak, dengan satu orang yang mengarahkan sementara tujuh orang lainnya memutar engkol yang menggerakkan baling-baling kapal.

Walaupun Hunley dapat menyelam, kapal selam tersebut membutuhkan laut yang tenang agar dapat beroperasi dengan aman.

Di musim panas 1863, uji coba Hunley berhasil dilakukan di Teluk Mobile Alabama.

Komandan Konfederasi Jenderal, Pierre G.T. Beauregard pada saat itu menyadari bahwa kapal selam tersebut mungkin berguna untuk menabrak kapal Union dan menghancurkan blokade Pelabuhan Charleston.

Selanjutnya, kapal selam Hunley dikirim ke Carolina Selatan.

Pada saat kedatangan, kapal selam itu mengalami masalah. Selama uji coba, seorang awak kapal terbelit di bagian mesin dan kemudian menyelam dengan palka terbuka. Hanya dua orang yang selamat dari kecelakaan tersebut.

Walaupun kapal tersebut telah diangkat dan diperbaiki, namun sulit untuk menemukan kru lain yang bersedia menanggung risiko dalam mengoprasikan kapal selam itu.

Misi Sukses Pertama dan Terakhir Hunley

Sang penemu pun berusaha untuk memulihkan kepercayaan pada kapal selam buatannya tersebut. Pada 15 Oktober, kapal selam tersebut dibawa ke Pelabuhan Charleston untuk uji coba lainnya.

Di hadapan para penonton, kapal selam Hunley menyelam ke bawah permukaan laut dan tidak muncul kembali. Insiden itu menewaskan Horace Lawson dan seluruh krunya.

Beberapa waktu setelah kejadian tersebut, kru lain dalam pengoperasian Hunley berhasil dikumpulkan. Kemudian pada 17 Februari 1864, kapal selam itu kembali ke air dan menuju ke Pelabuhan Charleston untuk mendekati U.S.S. Housatanic.

Kapal selam Hunley menembakan torpedonya ke kapal Yankee dan kemudian mundur sebelum ledakan.

Peristiwa itu menyebabkan Housatanic tenggelam di air dangkal. Hunley menjadi kapal selam pertama yang menenggelamkan kapal dalam pertempuran.

Namun, sebelum kembali ke Charleston, Hunley kembali tenggelam dan membawa seluruh krunya, sehingga misi sukses pertamanya tersebut juga menjadi misinya yang terakhir.

Pada 2000, Kapal selam itu berhasil dikembalikan ke daratan dan sekarang dipamerkan di Charleston, Carolina Selatan. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: