Kantor Camat Ini Ajak Pengunjung Minum Dan Racik Kopi Sendiri

FOTO: merdeka.com/indolinearcom
Rabu, 2 Juni 2021
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Kantor Kecamatan Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah menawarkan konsep unik yang bisa memanjakan warga yang berkunjung.

Konsep unik yang ditawarkan tersebut bernama Kopi Sorga, alias ‘Konsultasi sambil ngopi nang ngisor tangga’ atau konsultasi sembari mengopi di bawah tangga.

Seperti dilansir dari Merdeka.com (01/06/2021), warga yang datang ke kantor kecamatan tersebut bisa menikmati secangkir kopi di bawah sudut tangga yang berada di lantai dua. Warga pun bisa meracik kopi sendiri atau dibuatkan oleh petugas.

Camat Baturraden, Budi Nugroho mengatakan bahwa inovasi tersebut tercetus secara tidak sengaja. Seperti apa kisah uniknya? Berikut informasi tentang Kopi Sorga selengkapnya.

Sering Muncul Ide Segar saat Tengah Ngopi

Budi mengatakan bahwa ide-ide segar sering muncul saat seseorang tengah menikmati secangkir kopi.

Hal itulah yang kemudian membuatnya menyediakan fasilitas ngopi secara gratis di kantornya.

Tak Segan Membuatkan untuk Warga

Budi juga mengaku jika dirinya tak segan untuk membuatkan secangkir kopi sesuai permintaan pengunjung. Tak sedikit pengunjung tertarik untuk mencicipi layanan Kopi Sorga yang menyajikan kopi khas daerah setempat.

Kelihaian Budi dalam meracik kopi  membuat warga yang datang berkonsultasi seputar kependudukan menjadi rileks, sehingga urusannya bisa selesai sesuai harapan.

“Para tamu baik yang formal maupun non formal bisa mengopi secara bersama-sama, dengan suasana penuh keakraban dan kekeluargaan. Sehingga bisa memecah kecanggungan yang terjadi,” ujarnya sambil membuatkan kopi untuk salah seorang pengunjung.

Selain agar warga yang datang bisa lebih rileks, inovasi tersebut juga menjadi ajang promosi kopi khas Baturraden, salah satunya kopi alas grumbul kalipagu asal Desa Ketenger.

Inovasi Mengenalkan Potensi Kopi di Daerahnya

Ruangan untuk ngopi tersebut diketahui berukuran 3×6 meter. Di lokasi tersebut juga tersedia bangku serta meja, layaknya di kedai kopi kekinian.

“Kalau bertamu ke sini jangan sungkan-sungkan. Aku sendiri yang akan buatkan kopi, dijamin seger. Ini juga sebagai inovasi percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik sembari mendukung Program Bupati Banyumas Achmad Husein yaitu “One Village One Product” atau satu desa satu produk unggulan,” terang Budi. (Uli)