Kali Busa Bekasi Ditargetkan Bersih Dari Sampah Dalam Tiga Hari

FOTO: detik.com/indolinear.com
Minggu, 12 September 2021
loading...

Indolinear.com, Bekasi – Pemerintah Kabupaten Bekasi mulai mengangkut sampah-sampah yang menumpuk di Kali Busa, Tambun Utara, Bekasi.. Ditargetkan, kali bisa bersih dari sampah dalam waktu tiga hari.

“Ya insyaallah hari ini kita akan membersihkan semua. Mungkin memakan waktu 3 hari. Dengan kubikasi sekitar 50 kubik,” kata Camat Tambun Utara Najmuddin di lokasi, dilansir dari Detik.com (11/09/2021).

Najmuddin mengatakan pihaknya telah mengerahkan 30 anggota untuk pembersihan. Terdapat juga 1 unit ekskavator disiapkan di lokasi.

“Petugas ada 30 dari Dinas Lingkungan Hidup Wilayah II,” ujar Najmuddin.

Selanjutnya, Najmuddin menyebut alat-alat dinas di Kabupaten Bekasi memang terbatas. Akhirnya Najmuddin bersama Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) berinisiatif menyewa beberapa alat.

Eskavator angkut sampah di Kali Busa, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.Ekskavator mengangkut sampah di Kali Busa, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (Azhar/detikcom)

“Alat-alatnya kita memang alat yang di dinas. Informasinya itu terpakai semua, sampai akhirnya kita inisiatif UPTD sewa, karena keterbatasan alat-alat di Kabupaten Bekasi. Nah, akhirnya kita daripada nanti berlama-lama, inisiasi untuk kita bersihkan saja,” ujarnya.

Sebelumnya, memang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi sudah memastikan bakal mengangkut sampah mulai hari ini.

Pemkab Bekasi sempat mengalami kesulitan penyediaan alat berat, lantaran empat alat berat dari Dinas Bina Marga dan Pengelolaan Sumber Daya Air dipakai untuk menormalisasi Sungai Cikarang sepanjang 40 km di kawasan utara, untuk mengatasi kekeringan.

Pihak Kecamatan Tambun Utara diperintahkan mencari alat berat demi mengangkut sampah-sampah di kali itu. Akhirnya, alat berat didapat.

“Dikondisikan camat dan kades,” kata Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Khaerul Hamid. (Uli)