Judul Dongeng Legenda Dari Afrika Selatan: Hyena Si Penghasut

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Kamis, 2 Januari 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Sudah beberapa hari ini Singa, si raja hutan sakit. Semua tabib di hutan sudah didatangkan untuk menyembuhkan dia. Namun sakit Singa si Raja hutan masih terus berlanjut.

Semua hewan berbondong-bondong menjenguk dan membawa makanan untuk rajanya. Tetapi, ada salah satu binatang yang tak pernah datang menjenguk Singa. Ya, dia adalah serigala.

“Padahal sudah beberapa hari ini aku sakit. Semua penghuni hutan pun sudah menjengukku, kecuali Serigala. Ke mana hewan itu? Apakah ia tak peduli denganku?” gumam Singa, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (01/01/2020).

“Serigala memang senang jika tuan sakit,” ujar Hyena yang saat itu sedang menjenguk Singa. “Dia sengaja tak menjenguk Tuan, karena dia sama sekali tak peduli dengan tuan.”

Mendengar hal itu, Singa menjadi marah. Ia menyuruh Hyena untuk memanggil Serigala. Singa akan memberikan hukuman kepada Serigala atas ketidakpeduliannya.

Hyena pun mendatangi Serigala yang saat itu sedang sibuk. Hyena menyampaikan pesan Singa kepada Serigala. Hal itu membuat Serigala curiga. Biasanya Hyena memang membenci Serigala.

Serigala segera pergi ke rumah Singa si raja hutan, ditemani oleh Hyena. Hyena sangat senang. Ia merasa Serigala pasti akan dihukum oleh Singa. Dengan begitu, tak ada lagi yang bisa menyaingi kecepatan berburunya.

“Ada apa Tuan memanggil saya?” tanya Serigala kepada Singa sesampainya di rumah Singa.

“Kata Hyena, kau sama sekali tak peduli denganku. Saat binatang lain menjengukku, kau malah pergi entah ke mana,” ujar Singa, geram.

“Tuanku, hamba justru sangat peduli denganmu. Aku sedang mencari tabib untuk menyembuhkan sakitmu. Makanya, aku belum sempat menjengukmu,”ujar Serigala.

“Lalu apakah kau sudah menemukan obat untuk sakitku?” tanya Singa.

“Kata tabib, jika tuanku ingin sembuh, maka harus memakan daging hyena. Dengan begitu, penyakit tuanku akan hilang,”jawab Serigala.

Singa pun langsung menerkam Hyena. Hyena mati karena tak sempat menyelamatkan diri. Itulah hukuman yang harus diterima Hyena karena telah menghasut.

Pesan moral dari Judul Dongeng Legenda : Hyena Si Penghasut (Afrika Selatan) adalah jangan suka menghasut, sebab menghasut adalah perbuatan yang buruk. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: