Jika Terjadi Krisis Pangan, ‘Mesin Ajaib’ Ini Bisa Menjadi Solusi

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Kamis, 14 Maret 2019
Unik | Uploader Yanti Romauli

Indolinear.com, Jepang – Sebuah mesin vending yang menjual serangga sebagai cemilan tengah populer di Jepang bagian selatan. Mesin bernama Kumamoto itu menawarkan paket berupa 10 serangga berbeda.

Mulai dari yang paling murah, yakni protein bar dari jangkrik yang dijual seharga 700 yen atau Rp91 ribu, hingga yang paling mahal dan populer adalah jangkrik asin yang dijual seharga 1300 yen atau Rp170 ribu.

Mesin ini menjadi viral karena banyak warga lokal yang tertarik untuk mencoba memakan serangga. Dikutip dari laman Dream.co.id (12/03/2019), Kumamoto dibuka pertama kali pada Oktober 2018.

Adalah seorang pria berusia 34 tahun bernama Tomoda Toshiyuki yang menjadi pelopor lahirnya mesin unik ini.

Omzetnya Lumayan

Ia mengungkap jika ide memasang mesin serangga untuk mengetahui apakah orang-orang mau memakan serangga. Mengingat ada kemungkinan terjadi krisis makanan di masa mendatang.

Ada beragam serangga yang diolah menjadi camilan. Termasuk di antaranya kepompong, kumbang selam, dan kumbang badak Jepang. Semuanya di pesan dari Thailand.

“ Rasa jangkrik benar-benar mirip udang, cara terbaik untuk memakannya adalah dengan sedikit mayones atau sedikit cabai merah. Tapi kumbang selam dan serangga air raksasa memang untuk konsumen yang lebih berjiwa petualang,” ungkapnya.

Bisnis kecil yang dia jalankan melebihi harapannya. Saat uang dari dalam mesin dikumpulkan, hasilnya mencapai 500 ribu yen Rp 65 juta dalam sebulan! (Uli)