loading...

Jerawatan? Bisa Mengkonsumsi 13 Minuman Ini Untuk Mengatasinya

FOTO: Merdeka.com/indolinear.com
Minggu, 5 Juli 2020

Indolinear.com, Jakarta – Jika kamu bermasalah dengan kulit yang berjerawat, perawatan dari luar saja kadang tak cukup untuk menyembuhkannya. Kamu perlu mengonsumsi nutrisi yang tepat untuk mencegah dan menyembuhkan jerawat dari dalam.

Minuman-minuman sehat di bawah ini bisa menjadi solusi yang layak dicoba untuk mengobati jerawat ringan sampai sedang, dilansir dari Merdeka.com (03/07/2020)

  1. Jus atau Air Seduhan Tapai

Tapai mengandung alkohol rendah dari proses fermentasi yang dilaluinya. Mengonsumsi tapai, termasuk yang sudah diolah menjadi jus bisa membantu menetralisir lemak berlebih yang bisa memicu timbulnya jerawat. Begitu juga dengan air seduhan tapai.

Selain itu, proses fermentasi menyebabkan kandungan vitamin B1 di dalam tapai jadi berlipat ganda. Vitamin ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh.

  1. Yogurt

Kesehatan saluran pencernaan sangat berkaitan erat dengan kondisi kulit. Pencernaan yang kurang lancar akan menyebabkan racun terakumulasi di dalam tubuh dan akhirnya mempengaruhi kondisi kulit. Salah satu bentuknya adalah jerawat.

Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung bakteri baik seperti yogurt dan kefir bisa membuat kesehatan saluran pencernaan akan terjaga. Kulit pun jadi lebih bersih secara alami.

Walaupun begitu, jangan berlebihan mengonsumi makanan yang difermentasi agar tidak terjadi penumpukan bakteri di dalam usus. Ini justru bisa menimbulkan jerawat.

  1. Air Lemon

Air perasan lemon yang dicampur dengan air hangat memiliki berbagai khasiat. Mulai melancarkan pencernaan, melunturkan lemak, membersihkan racun, hingga mempercantik kulit. Lemon mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan ini penting untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

  1. Air Jeruk Nipis

Jika tak ada lemon, Anda juga bisa menyeduh air perasan jeruk nipis matang bersama air hangat. Sama seperti lemon, buah ini juga mengandung vitamin C cukup tinggi. Jika rasanya terlalu asam, Anda bisa menambahkan madu murni sebagai pemanis. Jangan tambahkan gula, karena gula bisa memperparah kondisi jerawat.

  1. Teh Hijau

Teh hijau merupakan sumber catechin, antioksidan yang berperan besar dalam menjaga kecantikan kulit. Antioksidan bertugas mencegah oksidasi sebum yang terjadi sebelum pembentukan jerawat. Selain itu juga bisa mengatasi inflamasi yang disebabkan karena jerawat.

Teh hijau yang mengandung antioksidan paling tinggi adalah matcha. Namun hindari matcha latte yang sudah dicampur dengan susu dan gula. Kedua bahan ini bisa membuat jerawat semakin parah.

  1. Jus Buah Berwarna Oranye atau Kuning

Buah-buahan berwarna jingga seperti pepaya, mangga, dan labu mengandung banyak vitamin A. Bahan makanan yang kaya vitamin A mengandung nutrisi penting bagi kulit agar mampu menangkal bakteri penyebab jerawat.

Sementara buah berwarna kuning seperti belimbing dan jeruk banyak mengandung vitamin C. Vitamin ini juga penting untuk penyembuhan kulit yang berjerawat.

  1. Wedang Kunyit

Kunyit merupakan rempah dengan kandungan antioksidan tinggi yang bisa melindungi kulit dari radikal bebas, jamur, dan bakteri penyebab jerawat. Juga bisa meredakan inflamasi yang disebabkan jerawat.

  1. Air Hangat

Mengonsumsi air mineral dalam jumlah cukup bisa membantu melancarkan pencernaan serta membersihkan tubuh dari racun. Paling baik adalah minum air mineral yang hangat. Air hangat sangat baik untuk membantu detoksifikasi.

  1. Green Smoothie

Sayur-sayuran hijau juga kaya vitamin A, vitamin C, dan mineral yang diperlukan oleh kulit untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Olah sayuran hijau seperti bayam, pokchoy, kale, dan kangkung dengan buah-buahan yang memiliki rasa asam manis. Perbandingan idealnya adalah 1:3 atau 1:4.

  1. Green Juice

Green juice menggunakan bahan-bahan yang sama dengan green smoothie, hanya saja hasil blenderan disaring dan diperas hingga tersisa sarinya saja. Selain memperbaiki kondisi kulit, minuman ini juga bisa membantu mengempiskan jerawat lebih cepat jika dikonsumsi secara teratur.

  1. Kombucha

Kombucha adalah sejenis teh fermentasi tradisional yang banyak diminum di Asia Timur dan sebagian negara Eropa. Minuman ini juga baik untuk kulit yang bermasalah dengan jerawat, seperti halnya yogurt dan kefir.

  1. Teh Rosella

Mahkota bunga rosella mengandung vitamin C, vitamin A, protein esensial, kalsium, dan 18 jenis asam amino, termasuk arginina dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Jika dikeringkan, herba ini bisa diolah menjadi teh. Rasanya cenderung asam dan memiliki warna merah tua yang cantik saat diseduh.

Teh ini bisa menunda munculnya gejala penuaan dini jika diminum secara teratur. Juga bisa membantu kulit mencegah dan mengatasi jerawat.

  1. Teh Spearmint

“Jika dikonsumsi secara teratur, satu sampai dua cangkir teh spearmint organik bisa mengurangi jerawat sebanyak 25-50 persen dan informasi ini didokumentasikan dengan baik oleh para ahli dermatologi. Juga bisa mencegah munculnya jerawat, tutur ahli nutrisi, Nmami Agarwal kepada Vogue India.

Spearmint disebut sebagai jenis mint yang paling ampuh dalam membunuh bakteri dan jamur. Selain itu, sifat antiinflamasi yang dimilikinya juga bisa membantu mengeringkan jerawat yang meradang.

Itulah beberapa minuman sehat yang bisa membantumu melawan jerawat dari dalam. (Uli)

Tumbuhan herbalĀ asal indonesia dipercaya memiliki banyak hasiat untuk kesehatan. Berikut hasil penelitian IPB soal hasiat kumis kucing untuk pencegahan diabetes. Simak ulasannya.

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: