Jembatan London Baru Yang Lebih Luas Resmi Dibuka

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Rabu, 2 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Sejarah mencatat bahwa pada 1 Agustus 1831 merupakan hari di mana New London Bridge atau Jembatan London baru yang dirancang oleh John Rennie, selesai dan secara resmi dibuka oleh Raja William IV.

Pengerjaan Jembatan London yang baru, untuk menggantikan jembatan yang sudah ada yang berusia lebih dari 600 tahun, dimulai pada tahun 1825.

Untuk meresmikan jembatan yang baru, pihak kerajaan mengadakan upacara pembukaan yang dianggap sebagai ‘tontonan paling indah yang disaksikan di Sungai Thames selama bertahun-tahun’. Pemandangan diambil dari tepi selatan, hulu jembatan, memandang utara ke arah Monumen dan gereja St Magnus, yang keduanya dapat dilihat dari atas jembatan.

Pesta kerajaan diadakan di atas kapal dari Somerset House ke hulu, dan pergi ke jembatan ddengan melakukan arak arakan bersama dua baris sampan dan tongkang dengan para anggota kerajaan yang mengenakan setelan baru yang dirancang khusus untuk acara ini.

Raja tiba di jembatan sekitar jam 04.00 sore dan tangga berkarpet merah disediakan untuk melihat ke arah jembatan di ujung sungai, dilansir dari Liputan6.com (31/08/2020).

Sebuah paviliun besar tempat pesta mewah diadakan juga didirikan di jembatan. Melansir rct.uk, Raja William yang sebelumnya telah melihat hasilkarya Stanfield yang melukis Gunung St Michael di Akademi Kerajaan pada tahun 1830 memerintahkannya untuk melukis pemandangan upacara pembukaan jembatan tersebut.

Sejarah Jembatan London

Dalam arti tertentu, London Bridge merupakan jembatan tertua di dunia yang sudah sejak era Romawi, 2.000 tahun yang lalu, yang berperan sebagai jembatan untuk menjangkau Sungai Thames. Sungai Thames adalah tempat di mana orang Romawi mendirikan pemukiman kecil untuk membangun rumah mereka, sekitar 50 M, yang disebut Londinium.

Topik hangat saat itu, sekitar abad pertengahan, adalah tentang sebuah jembatan di lokasi yang Romawi kuno, namun tak lama jembatan itu hancur yang kemungkinan besar dalam kebakaran. Jembatan London pertama, “lama” dibangun pada abad ke-13, dan di atasnya terdapat rumah yang diizinkan oleh Raja John untuk mengimbangi biaya jembatan.

Ketika populasi kota semakin kecil, akses jalan dibuat semakin sempit dengan diisi baris rumah di kedua sisi dan tidak menggangu lalu lintas. Tetapi pada abad ke-18, itu menjadi tidak tertahankan.

Pembukaan London Bridge yang baru ini, tidak jauh dari lokasi yang lama yang masih beroperasi (yang segera dibongkar dan dijual ke Arizona).

Dengan lengkungan jembatan yang jauh lebih luas dari sebelumnya, membuat London Bridge baru ini lebih memungkinkan untuk dilewati kapal-kapal besar di bawahnya. HMS Beagle, kapal laut dengan brig 10-gun dan rumah masa depan naturalis Charles Darwin, adalah yang pertama lewat di bawah jembatan baru tersebut.

Lagu anak-anak “London Bridge is Falling Down” mungkin berasal dari peristiwa penghancuran jembatan tersebut di abad pertengahan, ketika viking mengepung kota London. Versi lainnya yang lebih mengerikan mengatakan bahwa lagu anak-anak dapat merujuk pada pengorbanan anak anak jaman itu, tetapi tidak ada bukti arkeologis yang ditemukan untuk mendukungnya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: