Jembatan Curug Terkena Proyek Kereta Cepat, Ini Kendaraan Yang Bisa Lewat

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Rabu, 15 Juni 2022

Indolinear.com, Bekasi – Jembatan Antilope atau yang dikenal sebagai Jembatan Curug di Bekasi, Jawa Barat, jadi jalan alternatif bagi masyarakat yang ingin menuju Pondok Gede dari Kalimalang, atau arah sebaliknya.

Baru-baru ini jalur tersebut terkena pemasangan girder proyek kereta cepat. Alhasil tidak semua kendaraan bisa melintasi jalan itu.

Humas Kementerian PUPR Wibisono mengatakan, konstruksi tersebut milik PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) yang berlokasi di sekitar Tol Japek Km 5-6.

Menurutnya, proyek KCIC bukan proyek jalan tol, atau yang dikelola oleh Kementerian PUPR secara langsung.

Meski begitu, ia mengimbau masyarakat agar menghindari jalur tersebut. Sebab hanya kendaraan tertentu yang bisa lewat.

“Jadi lalu lintas di bawah tetap berjalan dengan pembatasan ketinggian 1,7 meter, hanya untuk roda dua,” kata Wibisono, dilansir dari Kompas.com (14/06/2022).

Walau demikian, berdasarkan pantauan Kompas.com, saat ini jalur tersebut masih bisa dilewati mobil dan motor.

Namun hanya untuk mobil jenis tertentu saja, seperti city car atau sedan. Low MPV juga bisa lewat, tapi harus dipastikan ketinggiannya tidak melebihi 1,7 meter.

Pasalnya, di lapangan terlihat beberapa Toyota Avanza masih bisa melintas. Seperti diketahui, Avanza memiliki dimensi 4.395 mm x 1.730 mm x 1.665 mm (PxLxT), dan tinggi 1.700 mm.

Sementara motor sudah dipastikan bisa melewatinya, tapi harus tetap berhati-hati. Sedangkan truk ataupun bus, serta kendaraan besar lain dipastikan tidak bisa lewat.

Adapun bagi mobil penumpang dengan ukuran lebih tinggi dari Avanza, disarankan untuk melewati jalur alternatif lainnya. Semisal lewat Jalan Kapin Raya atau Jalan Raya Jatibening. (Uli)