Jelang Nataru, FLOU Cloud Kawal Bisnis Operasional Pelanggan Tetap Prima

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Senin, 27 Desember 2021

Indolinear.com, Jakarta – Direktur Delivery dan Operation Telkomsigma, I Wayan Sukerta, mengatakan tingkat ketertarikan industri terhadap penggunaan layanan cloud terus meningkat.

Selain itu, keberadaan server yang tersebar di berbagai wilayah sehingga memungkinkan pengguna untuk mengakses data secara cepat melalui internet juga menjadi pertimbangan. Terlebih, masa tahun baru.

Hal ini menjadi perhatian dari FLOU Cloud yang menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan data akses, kapan dan dimanapun selama pengguna (user) terkoneksi dengan internet.

“Selama momen tahun baru, secara umum akan terjadi kenaikan trafik dan juga momen-momen penting yang berkaitan dengan layanan digital yang beroperasi melalui cloud,” kata Wayan.

Atas dasar tersebut, Posko Siaga Natal dan Tahun Baru (NARU) disiapkan Telkomsigma guna mengantisipasi terjadinya downtime atau gangguan layanan ICT melalui aktivitas monitoring dan identifikasi terkait kesiapan infrastruktur, sumber daya dan juga keamanan layanan ICT secara menyeluruh.

“Telkomsigma memastikan seluruh lini operasional bisnis pelanggan yang terkait dengan kesiapan layanan cloud services, IT Services, digital services dan juga data center kami tetap berjalan lancar. Tidak hanya sebatas pada momen NARU, namun dengan Posko Siaga NARU ini kami maksimalkan kesiapannya,” jelasnya melalui keterangan resmi, dilansir dari Merdeka.com (26/12/2021).

Hal tersebut menjadi penting mengingat segmentasi pelanggan Telkomsigma yang didominasi oleh industri esensial, termasuk didalamnya adalah sektor bisnis kritikal seperti perbankan & finansial, pangan, manufaktur, farmasi, hingga transportasi.

Terkait dengan cyber threat yang perlu diantisipasi jelang NARU, FLOU Cloud memiliki sistem keamanan firewall berbasis web (WAF) untuk menyaring, memonitor, menganalisa dan mendeteksi semua akses serta melakukan blokir terhadap lalu lintas berbahaya yang diarahkan ke situs web dan aplikasi pelanggan. WAF mengamankan data pelanggan dan mencegah malfungsi server yang disebabkan oleh aktivitas dan serangan berbahaya.

Di samping itu, FLOU Cloud memiliki sistem perangkat lunak security host bernama Server Guard. Teknologi ini berfungsi mendeteksi celah keamanan host, baseline check, pemindaian dan penghapusan virus, dan manajemen aset terpadu.

“Fitur ini memberikan kesadaran dan pertahanan secara real-time terhadap aktivitas mencurigakan dan menjaga keamanan server,” jelas dia. (Uli)