Jelang MotoGP Catalunya, Honda Mengumumkan Hasil Operasi Marc Marquez

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 4 Juni 2022

Indolinear.com, Jakarta – Tim Repsol Honda mengumumkan hasil operasi pebalapnya, Marc Marquez, menjelang MotoGP Catalunya yang akan menjadi seri kesembilan musim ini.

Repsol Honda mengumumkan hasil operasi Marc Marquez pada Jumat (3/6/2022). Ini merupakan operasi keempat yang dijalani oleh pebalap asal Spanyol tersebut. Kali ini, Marc Marquez menjalani operasi di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, Amerika Serikat.

Repsol Honda menyampaikan, operasi Marc Marquez berjalan sukses dan kini sang pebalap bakal memulai tahap pemulihan.

“Marc Marquez telah menyelesaikan operasi pada humerus kanannya di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota. Tim medis menganggap operasi itu sukses dan pemulihan akan dimulai,” demikian keterangan resmi Honda.

Menurut keterangan pihak Honda, proses operasi Marc Marquez berjalan selama tiga jam yang dipimpin oleh Dr. Joaquin Sanchez Sotelo. Operasi Marquez berhasil tanpa komplikasi dan juara dunia MotoGP enam kali itu akan memasuki tahap perawatan pasca-operasi.

Marc Marquez akan tetap berada di Amerika Serikat selama beberapa hari mendatang untuk menjalani pemulihan sebelum kembali ke Spanyol. Dr. Joaquin Sanchez Sotelo mengungkapkan, hasil operasi Marquez memuaskan meski prosedurnya rumit.

“Prosedur (operasi) selesai dalam waktu sekitar tiga jam. Meski prosedurnya rumit, hasil akhirnya memuaskan,” ungkap Sotelo, dikutip dari Kompas.com (03/06/2022).

“Pembedahan terdiri dari melepas dua sekrup proksimal dari lutut, pelat posterior yang sebelumnya ditempatkan oleh Dr. Samuel Antuna pada Desember 2020, lalu diikuti dengan osteotomi rotasional humerus,” tutur Sotelo.

Humerus adalah tulang panjang di lengan yang membentang dari bahu ke siku, yang menghubungkan skapula dan dua tulang lengan bawah, jari-jari dan ulna, dan terdiri dari tiga bagian.

Sebagai informasi, Marc Marquez mengalami patah tulang lengan atas kanan usai terjatuh pada MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, 19 Juli 2020.

Marquez lantas harus absen sepanjang musim 2020 dan menjalani tiga operasi pada bulan Juli, Agustus, dan Desember.

“Humerus distabilkan di posisi baru menggunakan pelat anterior dengan banyak sekrup. Pembedahan selesai secara lancar. Kami ingin mengucapkan semoga Marc Marquez cepat pulih dan sukses kembali ke karier profesionalnya,” ucap Dr. Joaquin Sanchez Sotelo.

Adapun, Marc Marquez telah menyatakan mundur sementara dari MotoGP. Seri kedelapan di Mugello, Italia, menjadi penampilan terakhir Marquez musim ini.

Selanjutnya, posisi Marc Marquez di Repsol Honda bakal digantikan oleh pebalap penguji Stefan Bradl.

Pebalap asal Jerman itu bakal tampil pada MotoGP Catalunya pada akhir pekan ini.

Adapun, jadwal MotoGP Catalunya akan digelar di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Montmelo, pada 3-5 Juni 2022. (Uli)

loading...