Jangan Sepelekan Peran Dari Jaket Saat Mengendarai Motor

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Rabu, 19 Januari 2022

Indolinear.com, Jakarta – Salah satu perlengkapan berkendara yang mesti dikenakan saat mengendarai motor adalah jaket. Dalam memilih jaket untuk riding, sebaiknya tidak sembarangan mengingat fungsinya yang penting.

Menurut Demmy Firmansyah selaku Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), jaket merupakan riding gear yang penting untuk selalu digunakan karena berfungsi melindungi tubuh dari terpaan angin saat berkendara motor.

“Jaket juga berfungsi untuk melindungi tubuh saat terjadi kontak langsung dengan aspal ketika terjatuh atau mengalami kecelakaan,” terang Demmy dalam keterangan resminya, dilansir dari Liputan6.com (17/01/2022).

Karena perannya yang cukup vital, maka pengendara harus memilih jaket yang sesuai dengan ukuran badan.

“Cara memilih jaket motor disarankan tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar, sebaiknya menggunakan jaket yang berukuran pas untuk memberikan kenyamanan ketika mengendarai sepeda motor,” jelas Demmy.

Selain itu, pilih jaket yang terdapat velcro atau karet di bagian pergelangan tangan ini dapat meminimalisir apabila pengendara terjatuh sehingga posisi bagian lengan pada jaket tidak akan tertarik keatas dan akan tetap melindungi bagian lengan.

Begitu juga bagian pinggang bawah jaket, lebih baik apabila terdapat velcro atau karet dibawahnya.

Berbahan Tebal

Pastikan jaket yang digunakan juga berbahan cukup tebal, dan tidak disarankan menggunakan jaket berbahan kain yang tipis karena tidak akan melindungi dengan baik apabila mengalami insiden di jalan raya.

“Walaupun tidak akan 100 persen melindungi pengendara, namun setidaknya menggunakan jaket akan mengurangi dampak buruk yang ditimbulkan kepada pengendara jika terjadi kecelakaan,” katanya.

“Jaket yang sudah tersedia pelindung bagian sikut, dada, dan punggung juga jauh lebih baik dalam melindungi tubuh pengendara dan akan meminimalisir apabila terjadi kecelakaan,” tambah Demmy.

Namun saat berkendara terkadang melewati cuaca yang panas dan jaket seperti ini biasanya cenderung akan lebih terasa panas maka disarankan jaket tersebut memiliki lubang ventilasi dengan menggunakan rel sleting yang dapat dibuka dan ditutup saat berkendara untuk mengatur jalannya sirkulasi udara di dalam jaket pengendara.

Selain menggunakan jaket, pengendara juga wajib untuk selalu memakai helm, sarung tangan, celana Panjang, dan sepatu setiap kali kita berpergian kemanapun saat menggunakan motor. (Uli)