Jangan Salah Kaprah, Inilah Fungsi Crumple Zone Saat Terjadi Tabrakan

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 14 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Banyak yang masih salah kaprah, ketika melihat mobil yang baru saja mengalami tabrakan dan bagian depannya hancur lebur. Masyarakat mengira, kendaraan tersebut sangat ringkih, dan terbuat dari material yang sangat jelek hingga rusak parah.

Padahal, area tersebut memang sengaja dibuat hancur, atau disebut crumple zone.

Melansir dari Liputan6.com (12/09/2020), tujuan dari crumple zone, adalah menjaga tetap seutuh mungkin ketika terjadi kecelakaan.

Hal ini mengikuti hukum fisika dimana energi yang dialami suatu benda harus disalurkan, dan disitulah tugas crumple zone lah yang mengambil energi tersebut dan menyalurkannya ke area lain mobil atau tidak menyalurkan ke dalam kabin.

Bila tidak ada crumple zone, maka ketika terjadi kecelakaan, seluruh energi dari tabrakan tersebut akan tersalurkan ke kabin kendaraan.

Tanpa Crumple Zone

Dengan energi tabrakan yang tersalurkan ke kabin, maka otomatis dasbor akan terdorong ke belakang yang kemudian menjepit para penumpangnya.

Selain itu, benturan bisa saja mengenai pintu sehingga pintu tersangkut dan tidak bisa dibuka, mempersulit evakuasi para korban kecelakaan.

Untuk itu, rangka atau bodi pada kendaraan pun sengaja dibuat ringkih pada bagian tersebut, umumnya bagian depan dimana sering terjadi tabrakan dengan kecepatan yang cukup tinggi. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: