Jangan Pakai Satu Password Untuk Semua Aplikasi

Senin, 15 Februari 2016

Indolinear.com – Terkadang bagi sebagian dari kita sulit untuk mengingat-ingat sebuah password. Alhasil, karena tak mau lupa karena menggunakan password yang berbeda, dibuatlah kode kunci yang sama baik itu di E-mail, Facebook, Twitter, Path, maupun media sosial lainnya.

Nah, cara seperti itu justru akan membahayakan jika ada orang yang tak bertanggung jawab membobol email. Kejadian itu, sudah banyak yang menimpa, mulai dari tiba-tiba aplikasi BBM memberikan pesan yang tak bertanggung jawab dan lain sebagainya.

“Itu bahaya sekali karena sekali tertebak satu password, artinya semua password tertebak dan tidak sulit untuk mencari alamat email yang digunakan untuk membuka akun Facebook,” ujar pakar keamanan internet dari Vaksincom, Alfons Tanujaya.

Kendati begitu, Ia tak menyalahkan pengguna lantaran banyaknya masyarakat Indonesia juga memiliki media sosial maupun aplikasi perpesanan lebih dari satu. Hal itu yang kemudian akhirnya para pengguna menggunakan satu password untuk semua layanan.

“Karena terlalu banyak layanan yang tersedia, tentunya akan sulit sekali mengingat semua password untuk setiap layanan yang berbeda. Dan akhirnya, ada banyak orang yang menyamakan password untuk layanan yang berbeda,” tuturnya.

Namun, dia menyarankan agar kebiasaan seperti itu ditanggalkan lantaran hal itu justru akan mempermudah kerja hacker manakala salah satu dari layanan aplikasi di internet yang digunakan diretas orang.

“Solusinya adalah menggunakan password manager. Jadi user hanya perlu mengingat 1 password master dan password manager ini yang akan mengingat semua kredensial layanan yang berbeda-beda ini. Sederhananya, password manager itu adalah program yang menyimpan semua kredensial akun kita,” jelasnya.

Layanan password manager itu, ujar Alfons, banyak program ataupun aplikasi yang disediakan secara gratis dan ada juga yang berbayar.

“Itu gratisan semua. Tapi, ada juga yang berbayar, banyak yang gratis pula. Kalau saya, gunakan namanya Keepass Password safe. Itu bisa di Windows dan Android juga. Jadi databasenya bisa diakses dari komputer atau smartphone,” ujar Alfons. (uli)

 

Sumber: Merdeka.com

loading...