Jangan Ikat Rambut Saat Tidur, Tiga Hal Yang Akan Terjadi

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Sabtu, 10 April 2021
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Setiap wanita tentu peduli dengan penampilan rambut. Hal ini didukung oleh fakta bahwa rambut adalah bagian penting dari identitas kita.

Meskipun kita bisa saja membeli berbagai produk rambut agar terlihat cantik, kita harus lebih memperhatikan hal-hal tertentu yang merupakan bagian dari rutinitas harian kita yang dapat menyebabkan kerusakan nyata pada rambut kita.

Salah satunya adalah kebiasaan mengikat rambut ketika tidur yang ternyata tidak baik untuk rambut.

Mengutip dari Liputan6.com (08/04/2021), berikut adalah tiga alasan mengapa Anda harus berhenti mengikat rambut saat sedang tidur:

  1. Menyebabkan Rambut Rontok

Mengikat rambut akan memberi tekanan pada akar rambut Anda dan menjadi lebih buruk saat Anda tidur karena Anda akan secara tidak sadar menggerakkan kepala.

Hal ini, seperti yang diklaim oleh American Academy of Dermatology dapat menyebabkan helai rambut Anda patah atau rontok.

  1. Mengubah Tampilan Rambut

Ternyata, sebagai akibat dari kerontokan rambut ini, penipisan rambut bisa terlihat nyata, terutama di sekitar garis rambut Anda. Ini karena karet kuncir akan menimbulkan gesekan saat Anda tidur dan ikatan rambut yang ketat seperti ini bisa menyebabkan rambut patah.

Kebiasaan ini pun bisa membuat rambut Anda kusut, kering, dan rusak.

  1. Berpotensi Menyebabkan Alopecia

Alopecia adalah suatu kondisi di mana rambut rontok dari seluruh atau beberapa bagian tubuh.

Menarik rambut secara konstan dapat menyebabkan hal ini karena dapat merusak folikel rambut Anda. Dan menurut British Association of Dermatologists, ini berpotensi mengarah pada perkembangan botak.

Cara Merawat Rambut ketika Tidur Agar Tetap Sehat dan Indah

Berikut adalah beberapa tips merawat rambut ketika tidur agar tetap indah dan sehat:

  1. Biarkan rambut Anda terurai bebas atau dikepang longgar.
  2. Tidurlah dengan rambut kering. Tidur dengan rambut basah membuatnya mudah rusak.
  3. Pilih sarung bantal yang tepat. Sarung bantal sutra akan memungkinkan rambut Anda tergerai dengan mudah, sehingga sama sekali tidak menyebabkan ketegangan atau kerusakan.

Jaga kelembaban di kamar tidur. Udara yang terlalu kering juga bisa membuat rambut Anda kering pula. (Uli)