Jalur KA Sepanjang 5,7 KM Hubungkan Stasiun Wojo Dan Bandara YIA Kulonprogo

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Minggu, 7 Juli 2019

Indolinear.com, Yogyakarta – Pemerintah tengah berupaya meningkatkan aksesibilitas menuju Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo.

Untuk itu, jalur rel kereta api (KA) sepanjang 5,7 kilometer rencananya akan dibangun dari Stasiun Wojo hingga ke Bandara YIA.

Saat ini, KA Bandara sudah beroperasi Stasiun Wojo menuju Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan dan Stasiun Maguwo.

Namun, guna mencapai bandara, penumpang masih musti menggunakan moda transportasi lain.

Waktu tempuh dari Bandara YIA menuju Stasiun Wojo menggunakan mobil yaitu sekira 10-15 menit.

“Ada jalur KA ke YIA ini akan jadi jalur baru. Jalurnya sepanjang 5,7 km, dan akan masuk bandara dari Stasiun Wojo,” kata Direktur Angkutan dan Lalu Lintas Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Danto Ristiawan di Bandara YIA, Yogyakarta, dilansir dari Tribunnews.com (06/07/2019).

Danto mengatakan, pembangunan jalur rel KA itu dilakukan selama dua tahun. Diharapkan jalur itu sudah bisa digunakan pada 2021 mendatang

Adapun jalur tersebut akan terdiri dari rel layang (elevated) dan jalur di atas tanah (at grade).

“Nanti akan di mix 5 km elevated, 750 meter sisanya at grade, pengerjaannya 2019-2020, 2021 operasi,” ucapnya.

Untuk Stasiun Wojo sendiri, pemerintah berencana untuk meningkatkan kapasitas untuk menampung penumpang yang lebih banyak.

“Peningkatan (kapasitas) Stasiun Wojo, karena stasiun ini akan digunakan sebagai koneksi ke bus airport (Damri). Di sana akan ada perluasan parkir, bangunan stasiun, sampai peron 5,7 km waktu tempuhnya 10 menit,” jelas dia. (Uli)