Jaksa Agung Merotasi Direktur Penyidikan Jampidsus Jadi Kajati DKI

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Kamis, 15 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Kejaksaan merotasi Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus, Febrie Adriansyah yang mendapat promosi untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta.

Sejumlah pejabat di Korps Adhyaksa dirotasi. Keputusan termaktub dalam SK Jaksa Agung RI Nomor 169 tahun 2021 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan struktural di lingkungan Kejaksan Republik Indonesia.

Kepala Kapuspenkum Kejagung Leonard Simanjuntak menerangkan, terdapat 45 pejabat Eselon II yang dimutasi oleh Jaksa Agung dalam SK tersebut. Beberapa diantaranya merupakan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati).

“Jaksa Agung melakukan promosi dan mutasi serta rotasi beberapa pejabat eselon II dan eselon III Kejaksaan Republik Indonesia seluruh Indonesia,” ujarnya, dilansir dari Tribunnews.com (14/07/2021).

Satu di antaranya, Febrie yang menjabat Kajati DKI. Posisinya di Jampidsus akan digantikan oleh Supardi yang sebelumnya menjabat Wakil Kajati DKI Jakarta. Sementara, posisi Supardi akan digantikan oleh Wakil Kajati Kalimantan Timur, Bambang Bachtiar.

Dalam hal ini, Kajati DKI Jakarta, Asri Agung Putra kini ditugaskan sebagai Sekretaris Jampidsus.  Rotasi tak hanya ada di Jakarta, Jaksa Agung juga mengganti Kajati Jawa Barat, Ade Eddy Adhyaksa menjadi Asep Nana Mulyana yang sebelumnya merupakan Kajati Banten. Ade dirotasi sebagai Sekretaris Jaksa Agung Muda bidang Intelijen (Jamintel).

Kajati Banten akan diisi oleh Reda Manthovani yang sebelumnya merupakan Kepala Biro Perlengkapan pada Jaksa Agung Muda bidang Pembinaan.  Selain itu, Burhanuddin juga menunjuk Ellu Shahputra — Direktur Ekonomi dan Keuangan Jamintel — sebagai Sekretaris Jaksa Agung Muda bidang Pidana Militer. Diketahui, JAM Pidana Militer merupakan jabatan baru yang ada di Kejagung.

Kemudian, Undang Mugopal yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kajati Maluku kini dipromosikan sebagai Kajati Ambon. Kajati Sulawesi Barat, Johny Manurung juga dimutasi sebagai Direktur Ideologi, Politik, Pertahanan dan Keamanan pada Jamintel.

Dia bertukar posisi dengan Direktur yang lama, yakni Didik Istiyanta yang kini menjabat Kajati Sulbar. Lalu, Kajati Bangka Belitung yang sebelumnya dijabat oleh I Made Suarnawan kini diberikan kepada Danu Tri Sadono yang sebelumnya menjabat sebagai Wakajati Riau.

I Made Suarnawan dimutasi sebagai Direktur Tata Usaha Negara pada JAM bidang Perdata dan Tata Usaha Negara. Posisi tersebut sebelumnya diemban oleh Sapta Subrata yang kini dipromosikan sebagai Kajati Jambi.

“Jaksa Agung  juga melakukan promosi, mutasi serta rotasi pejabat eselon III sebanyak 185 pegawai di seluruh Indonesia,” tutur Leonard. (Uli)