Jajal Commuterline, Kemenhub Akan Tambah Kapasitas Penumpang

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Sabtu, 5 Januari 2019
Nasional | Uploader puspita

Indolinear.com, Depok – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya akan menambah kapasitas commuter line atau KRL tahun 2020 mendatang. Rencana tersebut diungkapkannya setelah ia menjajal KRL dari Stasiun Tebet menuju Stasiun Depok Baru.

Saat menaiki KRL, ia melihat KRL sudah lebih baik, bersih, dan juga datang epat waktu. Ia juga sempat berinteraksi dengan beberapa penumpang yang saat itu naik KRL bersamanya.

“Saya juga tanya beberapa penumpang mengatakan mereka puas, bahkan ibu-ibu bilang di sini (KRL) lebih aman, lebih cepat, lebih murah,” ucap Budi di Terminal Sementara, Jalan Arif Rachman, Sabtu (5/1/2019).

Namun, beberapa penumpang sempat menyampaikan beberapa keluhan. Di antaranya soal kepadatan penumpang pada jam-jam tertentu.

“Oleh karena itu, kami akan meningkatkan dalam dua tahun mendatang. Sekarang ini kapasitasnya 1,2 juta, kita akan tingkatkan kapasitasnya sampai dengan 2 juta itu ditandai dengan headway,” ujar Budi dilansir dari kompas.com.

Dengan kapasitas yang besar tersebut, jangka waktu datangnya KRL akan lebih cepat, yang biasanya datang tiap lima menit, nantinya KRL akan datang tiga menit sekali sampai tujuan.

“Alternatifnya lebih banyak orang yang bisa pakai tapi juga lebih tepat waktu,” ucap Budi.(pit)