ITBra, Bra Canggih Yang Bisa deteksi Dini Kanker Payudara

Sabtu, 24 Oktober 2015
Iptek | Uploader Arif
loading...

Indolinear – Internet of Thing (IoE) membantu banyak orang untuk memudahkan segala keperluan, mulai dari hal-hal kecil tetapi sangat bermanfaat, seperti membudidayakan kebun anggur, mengisi kembali persediaan kulkas, hingga pengawasan dan pengendalian penuh terhadap pipa migas.

Tidak hanya itu, IoE juga tengah membantu kemungkinan baru dalam bidang kesehatan. Teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk catatan kesehatan elektronik yang telah disesuaikan dan diamankan untuk masing-masing pengguna, serta memberikan pasien informasi lebih mengenai perawatan media mereka.

Terkait dengan hal ini, Rob Royean, seorang ilmuwan dan pengusaha, menghadirkan inovasi medis baru untuk mendeteksi dini kanker payudara yang disebut dengan iTBra. Alat ini seperti bra normal, namun dilengkapi dengan teknologi sensor IoE untuk mendeteksi perubahan temperatur sekecil apapun dalam jaringan payudara.

Fluktuasi ini akan mengindikasikan adanya kanker payudara pada stadium awal, sehingga bisa lebih mudah ditangani dan masih berpotensi disembuhkan. iTBra juga bekerja bahkan pada wanita yang lebih sulit untuk dideteksi sinar x-ray tradisional seperti momografi, karena mereka mempunyai jaringan payudara padat.

Kanker payudara sendiri adalah kanker yang paling umum menyebabkan kematian setengah juta wanita di dunia pada tahun 2011. Tidak hanya wanita, kanker payudara juga menyerang pria, walaupun mempunyai persentase yang lebih kecil.

Setahun terakhir, 19.739 wanita meninggal di tahun 2014 akibat kanker payudara. Angka ini terus meningkat, khususnya di negara berkembang karena diagnosis penyakit ini sudah pada stadium akhir.

Alat iTBra ini juga akan difilmkan untuk menceritakan perjalanan Rob dalam menciptakan iTBra. Dengan judul Detected, film ini menjadi sebuah harapan bagaimana IoE dapat digunakan untuk memberikan perubahan kehidupan banyak orang. Dalam film dokumenter ini, Cisco juga akan membantu mendanai.

Saat orang bertanya mengapa IoE penting, banyak alasan yang dapat kita berikan. Alasan yang sangat penting adalah membuat IoE lebih dari sekedar game changer, karena IoE dapat menjadi penyelamat kehidupan. (uli)

 

Sumber: Merdeka.com