Investree Terima Kucuran Investasi Baru Senilai Rp383 Miliar

FOTO: merdeka.com/indolinear,com
Sabtu, 18 April 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Investree baru saja mengumumkan putaran pertama pendanaan seri C yang dipimpin MUIP, perpanjangan usaha ventura dari Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc. (MUFG), dan BRI Ventures, perpanjangan usaha ventura dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI).

Pendanaan yang diperoleh sebesar USD 23,5 juta atau sekitar Rp 383 miliar. Dana yang diterima di tengah pandemi Covid-19 ini rencananya akan digunakan untuk mengembangkan layanan Investree dalam rangka mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia.

Juga untuk meningkatkan pertumbuhan aktivitas Investree di Filipina dan Thailand sebagai bagian dari strategi ekspansi regional perusahaan.

“Dua bank terkemuka di Jepang dan Indonesia ini akan mendukung komitmen kami untuk mendanai pertumbuhan UKM di Indonesia, Filipina, dan Thailand, yang saat ini menghadapi kesenjangan kredit sebesar US$ 430 miliar,” kata CEO & Co-Founder Investree, Adrian Gunadi, dilansir dari Merdeka.com (17/04/2020).

Investasi ini, Adrian melanjutkan, akan memperkuat kerjasama strategis antara dua bank dengan Investree dalam rangka memperluas jangkauan layanan Investree kepada lebih banyak UKM.

“Kami percaya bahwa Indonesia dan Asia Tenggara memiliki potensi besar dalam hal solusi fintech untuk menjembatani kesenjangan kredit UKM, dan kami senang MUFG dan BRI dapat berbagi visi ini,” paparnya.

Dukung UKM

Ia menegaskan, pendanaan seri C ini juga akan memperkuat komitmen Investree untuk mendukung pendampingan finansial bagi UKM Indonesia, terutama mereka yang terkena dampak Covid-19.

“Platform dan kondisi finansial yang kokoh memungkinkan kami untuk dapat mengatasi iklim saat ini secara percaya diri,” pungkasnya.

Nobutake Suzuki, Presiden & CEO MUIP, menyatakan Asia Tenggara memiliki potensi signifikan dalam hal pembiayaan UKM, dan perusahaan melihat Investree memiliki strategi dan keahlian manajemen yang telah terbukti.

Menjadikannya sebagai salah satu pemain unggul di industri fintech lending di Indonesia dan Asia Tenggara seiring pertumbuhannya di luar negeri.

“Kami juga melihat bahwa Investree memiliki komitmen yang tinggi dalam mendukung pertumbuhan UKM, dan Danamon (PT Bank Danamon Indonesia Tbk) sebagai anggota MUFG juga mempunyai komitmen yang kuat dalam berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia,” ucap Nobutake

Sementara Nicko Widjaja, CEO BRI Ventures, menyadari bahwa pandemi Covid-19 menimbulkan ketidakpastian finansial baik untuk UKM di Indonesia maupun luar negeri. Namun, pihaknya sangat yakin Investree dapat hadir dengan posisi yang lebih kuat.

“Dengan bergabung dalam pendanaan ini, BRI Ventures percaya bahwa kolaborasi antara grup BRI dan Investree yang telah berlangsung sejak 2018 mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” imbuh Nicko. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: