Intip Suasana Ramadhan di Balai Kota Bogor

Tribunnewscom/indolinear.com
Jumat, 25 Mei 2018

Indolinear.com, Bogor – Hari itu usai melaksanakan apel pagi, pegawai di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Bogor bergegas menuju Masjid At’Taqwa, yang berada di halaman Balaikota Bogor.

Bukan hanya kaum pria melainkan juga para perempuannya. Mereka bermaksud melaksanakan shalat sunat Duha. Masjid pun ramai dengan jamaah, sebab setelah melaksanakan Duha ada sebagian lain yang melanjutkan dengan tadarus Al Quran.

Itu sebuah fenomena yang sebetulnya tidak hanya muncul di bulan Ramadhan. Di hari-hari lain sebelum dan sesudah Ramadhan, pada jam pagi Masjid At’Taqwa selalu saja banyak dikunjungi pegawai yang hendak melaksanakan salat Duha sebelum melaksanakan aktivitas kerja.

Namun demikian, pada setiap Ramadhan jumlah mereka yang melaksanakan salat sunat tersebut tampak lebih banyak.

Siang harinya berlangsung shalat Zuhur berjamaah. Masjid terasa lebih penuh, karena jumlah pegawai yang ikut berjamaah menjadi lebih banyak dari hari-hari biasa.

Jumlah shaf jamaah shalat lebih banyak, sehingga lebih dari sepertiga ruang masjid terisi. Usai shalat agenda dilanjukan dengan kultum yang memang sudah biasa dilaksanakan setiap harinya di bulan-bulan sebelum Ramadhan.Kultum dibawakan secara bergantian oleh para penceramah dari wilayah Bogor dan sekitarnya.

Bahkan pada hari puasa ke-5, Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat ikut menyampaikan kultum. Pada kesempatan itu Ade mengulas tentang arti penting ibadah puasa yang merupakan perintah Allah SWT kepada orang-orang beriman.

Melansir Tribunnews.com, Kamis (24/5), Dalam salah satu pesannya Ade mengatakan, “Iman itu pandangan dan sikap hidup. Orang beriman adalah orang yang telah menyatakan sikap hidupnya, bahwa tidak ada pembinaan kehidupan yang lain kecuali mencari ridha Allah SWT”.

Di bulan Ramadhan, Masjid At’Taqwa seolah-olah telah menjadi pusat aktivitas kerohanian pegawai yang bertugas di lingkungan Balaikota. Termasuk pegawai dari kantor-kantor yang berada di lingkungan terdekat Balaikota. Pengurus DKM At’Taqwa memang telah menyiapkan berbagai aktivitas. Menurut Sekretaris DKM At’Taqwa, Andry, SE, sedikitnya ada 6 kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap hari.

Baca Juga :  Spanduk Kutukan Untuk Pembuang Sampah Sembarangan

Selain kultum setelah shalat Zuhur, pengurus juga menyelenggarakan kegiatan buka bersama dengan menyediakan takjil dan shalat tarawih, serta pengumpulan zakat. (Gie)

 

 

%d blogger menyukai ini: