Inspirasi Dari Demak, Kuli Bangunan Membuka Perpustakaan-Bimbel Gratis

FOTO: detik.com/indolinear.com
Jumat, 17 September 2021
loading...

Indolinear.com, Demak – Agus Pujianto (37) yang selama ini menjadi kuli bangunan akhirnya berhasil mewujudkan mimpinya mendirikan perpustakaan dan bimbingan belajar (bimbel) gratis. 11 tahun Agus dan istrinya merancang hal tersebut.

Perpustakaan dan bimbel itu dikelola Agus Pujianto (37) bersama Munawaroh (31) di rumahnya yang berukuran 5×8 meter di Lengkong Wetan, Desa Donorejo, Karangtengah, Demak, Jateng, dilansir dari Detik.com (15/09/2021).

Perpustakaan dan bimbel gratis bagi anak usia 3 sampai usia kelas 6 Sekolah Dasar (SD) tersebut. Saat ini sudah terdaftar 72 anak sejak dibuka pekan lalu. Beralaskan terpal, semua anak-anak terlihat gembira. Demikian pula Agus dan Munawaroh. “Dasarnya saya memang suka dengan anak kecil,” ujar Munawaroh.

Bukan hal yang mudah bagi Agus untuk mewujudkan hal tersebut. Pasalnya, keduanya hanya tamatan SMP dan pekerjaan utama kuli bangunan yang tak menentu kerjanya.

Perlahan, Agus semampunya mengumpulkan buku bacaan dari penghasilannya. “Itu kita rancang sudah dari pacaran dulu. Alhamdulillah berkat doa dan semangat teman-teman, di Twitter terutama. Kami sampaikan terimakasih. Saya yang punya ide gagasan, teman-teman yang mewujudkan,” jelas Agus.

Prioritas dan inovasi dalam setiap tahapannya betul-betul Agus perhitungkan. Sejak awal dari pengadaan stok bacaan anak, hingga kini sistem pembelajaran yang menyenangkan bagi anak. “Harapan saya anak anak bisa nyaman belajar. Kita juga sedang belajar amanah. Nota-nota pembelian juga kita simpan, biar nantinya bisa jadi sejarah,” ujar Agus. (Uli)