Inilah Yang Menjadi Alasan Seorang Putri Raja Sampai Ditenggelamkan

FOTO: pikiran-rakyat.com/indolinear.com
Sabtu, 7 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Masyarakat Pulau Jawa dan Bali terutama di pesisir Pantai Laut Selatan meyakini adanya sosok Nyi Roro Kidul.

Kendati Nyi Roro Kidul yang disebut-sebut penguasa Laut Selatan sebagai seorang putri Kerajaan Sunda Pajajaran, tidak ada catatan sejarahnya.

Namun, cerita tersebut terus turun temurun sehingga menjadi mitos yang seakan-akan suatu kebenaran.

Meskipun tidak ada catatan sejarahnya, praktisi spiritual Adhe, meyakini sosok dari Nyi Roro Kidul itu memang  nyata ada.

Ia menjelaskan, Nyi Roro Kidul itu seorang putri raja bernama Dewi Khandita, dilansir dari Pikiran-rakyat.com (06/05/2022).

Akan tetapi, karena memiliki penyakit kulit menjijikkan dan sulit diobati, dibuang ke tengah Laut Selatan sehingga meninggal dunia di tengah laut.

Sementara khorin atau khodamnya tetap hidup dan orang menyebutnya roh Nyi Roro Kidul yang tinggal dan menetap di Laut Selatan.

Nyi Roro Kidul kemudian diakui sebagai penguasa pantai Laut Selatan.

Adhe yang mampu melihat alam gaib, percaya Nyi Roro Kidul dibuang di Laut Selatan karena raja malu memiliki putri yang berpenyakit kulit tak sembuh.

Sedangkan tidak adanya catatan tentang Nyi Roro Kidul  di data kerajaan tentu dihapus atas kuasa raja.

“Makamnya juga tidak ditemukan karena meninggalnya di laut,” katanya.

Hanya, Adhe mengingatkan, sosok Nyi Roro Kidul itu tidak sakti sebagaimana masyarakat meyakininya.

Nyi Roro Kidul mungkin termasuk golongan orang suci menurut agama yang dia anutnya pada saat itu, karena meninggal dalam posisi teraniaya.

“Nyi Roro Kidul bukan berarti bisa berbuat segala-galanya. Hal ini yang perlu diluruskan,” katanya. (Uli)