Inilah Tiga Objek Wisata Gua Terkenal Di Pulau Jawa

FOTO: net/indolinear.com
Jumat, 17 Juli 2020
Nusantara | Uploader puspita
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Indonesia menyimpan banyak obyek wisata gua yang dinobatkan sebagai gua yang tercantik di daratan Asia Tenggara. Jika berkesempatan berkunjung ke dalamnya dijamin keindahannya memang tiada duanya.

Di Pulau Jawa memiliki tiga objek wisata gua yang patut diperhitungkan untuk dikunjungi karena keindahannya. Gua mana saja itu? Berikut ulasannya.

Gua Gong, Pacitan

Di wilayah Asia Tenggara, boleh dibilang Gua Gong adalah salah satu gua tercantik yang sangat sayang jika tidak dikunjungi. Gua Gong menyuguhkan eksotisme pemandangan stalaktit dan setalakmit yang elok, serta diiringi latar cahaya yang sangat menakjubkan.

Gua Gong terletak di Desa Bomo, Kabupaten Pacitan, sekitar 30 km dari pusat Kota Pacitan. Dari Yogyakarta, Anda bisa menuju kota ini melalui Wonosari Gunungkidul, Solo, maupun jalur Ponorogo. Jalur termudah untuk menuju Gua Gong bisa menggunakan kendaraan dari Kota Solo karena jalannya yang relatif halus berliku naik turun khas pegunungan. Gua Gong berlokasi sekitar 12 km dari Gua Tabuhan, tujuan wisata Pacitan lain yang tak kalah menariknya.

Gua Petruk, Kebumen

Gua Petruk, yang berlokasi di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, memiliki keindahan natural yang menakjubkan. Meski jalur ke medan Gua Petruk telah dibenahi, Gua Petruk tetap menjaga kealamiannya di dalam gua. Stalaktit dan stalagmite di dalamnya membuat beragam bentuk seksotis seperti mayat, buaya, dan lumbung.

Gua bertingkat tiga ini cenderung basah dan lembab dengan sungai, sejumlah sendang dan air terjun. Di tingkat dasar, ada taburan kotoran kelelawar dan serangga kecil yang menjamin alaminya kawasan ini. Di langit-langit goa juga terdapat beragam tetesan air yang menambah keindahan Gua Petruk. Di tingkat kedua, dihubungkan dengan batu terjal dengan kemiringan 45 derajat, sendang, dan air terjun kecil. Gua ini merupakan salah satu goa yang terindah di sepanjang Pulau Jawa.

Gua Pindul, Gunungkidul

Gua Pindul terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk menyusuri Gua Pindul, para wisatawan harus menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah yang ada di dalam gua. Kegiatan ini dinamakan Cave Tubing. Aliran sungai yang berada di dalam Gua Pindul berasal dari mata air Gedong Tujuh.

Aliran sungai akan membawa para wisatawan dari mulut gua sampai ke ujung gua sepanjang 350 meter. Di bagian dalam gua terdapat bagian sempit yang hanya bisa dilewati satu ban pelampung sehingga para pengunjung harus bergantian satu per satu untuk melewati bagian ini. Penulusuran Gua Pindul memakan waktu sekitar satu jam perjalanan yang berakhir pada sebuah dam.(pit)

Wisata umbul sangat banyak di daerah Jawa. Mau tahu apa saja umbul tersebut? Berikut rangkumannya.

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: