Ini Tiga Langkah Mudah Rawat Kendaraan Agar Awet

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Selasa, 23 Februari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Mobil menjadi kebutuhan bagi masyarakat untuk beraktivitas sehari-hari. Mobil memerlukan perawatan rutin agar mobil tetap terjaga performa dan awet.

Jangan sampai, lupa merawat mobil yang bisa membuat kendaraan tersebut cepat rusak. Nah, berikut langkah mudah agar mobil tetap terjaga performanya dan awet yang dilansir dari Liputan6.com (21/02/2021)

Ganti oli

Mesin mobil jika digunakan setiap hari tentu bisa menganggu performanya. Jika tidak dirawat, mesin bisa saja bunyi dan membuat kerusakan pada mesin mobil.

Belum lagi jika kamu perlu menempuh jarak yang jauh, mesin mobil akan bekerja dengan ekstra. Maka dari itu, menganti oli mesin secara rutin bisa membuat mesin menjadi halus, awet dan tahan lama.

Gunakan oli mesin yang benar-benar berkualitas dan telah teruji. Meskipun harganya mahal, tapi oli mesin yang berkualitas dipercaya dapat membuat mesin lebih awet dan tahan lama.

Gunakan komponen original

Jika diharuskan untuk menganti komponen pada mobil, pilihlah komponen yang original. Pasalnya, jika kamu membeli komponen abal-abal tentu bisa merusak komponen mobil lainnya.

Mulai dari timing belt, oli roda gigi, minyak rem, dan sebagainya. Hal ini juga perlu menjadi perhatian agar semua komponen pada mobil berjalan dengan baik.

Maka dari itu, saat service mobil secara rutin, tanyakan kepada mekanik kapan waktu untuk menganti komponen-komponen tersebut.

Pilih Bahan bakar yang tepat

Ingat, tak hanya service rutin saja, pemilihan bahan bakar yang tepat juga penting agar mobil kesayangan Anda memiliki performa yang baik dan awet.

Maka dari itu, pilih bahan bakar yang mengerti mesin mobil Anda. Kini dengan banyaknya bahan bakar yang dijual tentu membuat kamu binggung memilih yang mana. Nah, agar tak salah, kamu pilih bahan bakar dengan kandungan bahan bakar dengan teknologi tinggi.

Dengan begitu, kandungan tersebut dapat membantu melindungi mesin kendaraan Anda dengan maksimal.

Selain itu, teknologi tersebut mampu membantu melindungi mesin dari penumpukan kotoran. Bayangkan, saat kamu beraktivitas, kinerja mobil digenjot untuk selalu tampil prima, namun hal itu berubah ketika kamu menggunakan bahan bakar yang salah dan membuat mesin banyak kotoran.

Memiliki molekul aktif, bahan bakar tersebut mampu menempel pada permukaan logam mesin, membentuk lapisan pelindung yang membantu menghentikan pengikatan kotoran pada logam permukaan mesin. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: