Ini Sepuluh Cara Pakai Mayones Yang Tak Banyak Orang Tahu

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Sabtu, 8 Februari 2020

Indolinear.com, Jakarta – Mayones adalah salah satu bumbu paling populer yang digunakan di seluruh dunia. Misalnya, di AS, orang menghabiskan $ 2 miliar setiap tahun untuk membelinya.

Tak hanya dapat digunakan sebagai pelengkap makanan, mayones ternyata menawarkan banyak manfaat untuk kecantikan dan rumah tangga. Cara penggunaan untuk hal ini mungkin belum banyak diketahui orang.

Berikut cara menggunakan mayones yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya, seperti dikutip dari Liputan6.com (06/02/2020):

  1. Perawatan kuku

Jika kuku Anda rapuh dan mudah patah, semangkuk mayo –sebutan untuk mayones– adalah cara terbaik bagi Anda untuk memulai manicure di rumah. Cukup celupkan jari Anda ke dalamnya dan tunggu sekitar 5 menit, lalu bilas.

Perawatan ini akan membuat kuku Anda terlihat lebih kuat, lebih sehat dan akan melembutkan kutikula.

  1. Pelembab kulit

Cegah kulit kering dengan aplikasi lotion terbaru dari H20+

Untuk menyehatkan kulit kering Anda, ambil beberapa sendok mayones dan tambahkan satu sendok teh minyak zaitun ke dalamnya. Aduk campuran tersebut dan oleskan ke area kering.

Biarkan campuran itu selama sekitar 10 menit, lalu bersihkan dengan kain basah. Minyak dan cuka di mayo akan menjaga kulit Anda terhidrasi dan mencegahnya mengelupas.

  1. Perawatan Luka Terbakar Matahari

Jika Anda ingin mengurangi rasa sakit akibat luka bakar ringan dan terbakar sinar matahari dengan cepat, oleskan saja mayones. Saus ini akan menenangkan kulit Anda yang rusak, membuatnya tetap lembab, dan mengurangi sensasi terbakar serta kemerahan.

Kandungan cuka pada mayo akan bertindak sebagai anestesi alami untuk menghilangkan rasa sakit.

  1. Pembersih Permen Karet

Apakah Anda perlu menghapus permen karet dari karpet di ruang tamu, meja di dapur, atau rambut dengan mudah?

Cukup tempelkan sedikit mayo ke permen karet yang menempel dan tekan-tekan bukan menggosoknya. Saus yang berminyak akan melonggarkan daya rekat permen karet dan membiarkannya terlepas tanpa meninggalkan jejak.

  1. Kondisioner Rambut

Jika Anda mengalami rambut kering dan terasa seperti jerami, mayones bisa jadi penyelamatnya. Yang perlu Anda lakukan adalah mengganti kondisioner rambut sehari-hari dengan bumbu ini.

Kuning telur di mayo mengandung lecitin yang akan mendorong pertumbuhan rambut, sementara cuka akan membuat kulit kepala mengelupas. Hasilnya, Anda akan mendapatkan rambut yang lembut, sehat, dan berkilau.

Mayones juga merupakan pembunuh kutu alami. Untuk menyingkirkan parasit yang mengganggu ini, oleskan sedikit mayo ke rambut Anda, tutupi dengan topi mandi dan biarkan selama sekitar 8 jam.

Setelah itu, keramas dengan sampo. Minyak nabati di mayo akan bertindak seperti lem yang dapat membuat kutu dewasa dan muda mati lemas.

  1. Penghilang Noda Krayon

Apakah anak-anak Anda mengubah dinding di rumah menjadi kanvas?

Alih-alih memarahi mereka, ambil mayo dan spons dan oleskan ke noda krayon. Biarkan selama sekitar 5 hingga 10 menit dan bersihkan dengan kain bersih.

Mayones akan membersihkan dinding dengan rapi tanpa mempengaruhi cat.

  1. Pembersih Perak

Mayones adalah salah satu pemoles perak alami terbaik.

Jadi jika Anda ingin membuat perak Anda bersinar tanpa menggunakan zat kimia, cukup gunakan mayo ke sendok dan garpu lalu bersihkan dengan kain lembut dan bilas dengan air bersih. Tingkat keasaman ringan dari lemon akan menghilangkan noda dan minyak pada benda tersebut dan meninggalkan kilau yang indah pada alat makan itu.

  1. Penghapus Stiker

Untuk menghapus label harga yang membandel dari gelas, ikuti langkah-langkah berikut.

Pertama-tama, gosok stiker dengan kuku dan untuk menghilangkan sisanya cukup oleskan sedikit mayones. Biarkan selama sekitar 15 hingga 20 menit.

Lem bekas stiker akan melonggar dan Anda akan bisa mengelupas sepenuhnya.

  1. Pelumas Engsel

Jika engsel pintu yang berderit membuat jengkel, Anda tidak perlu terburu-buru ke toko untuk membeli pelumas khusus. Sebagai gantinya, buka kulkas dan ambil sebotol mayones!

Oleskan setetes mayones ke engsel, lalu buka dan tutup pintu beberapa kali agar substansi tersebut tersebar. Selamat menikmati kesunyian!

  1. Memperbaiki Tampilan Benda dari Kayu

Apakah Anda menggores meja makan kayu dengan pisau atau secara tidak sengaja membuat retak patung favorit yang terbuat dari kayu?

Jika hal seperti itu terjadi, penuhi dengan mayones yang banyak dan biarkan selama beberapa hari. Seiring waktu, kombinasi protein dan minyak akan melembabkan kayu dan membuatnya mengembang.

Lemak di mayo akan membantu menutup retakan yang membuatnya tidak terlalu terlihat. Selamat mencoba! (Uli)

INDOLINEAR.TV