Ini Mobil Super Spesial Dari Ferrari, Dibuat Hanya Untuk Satu Pelanggan

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 20 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Ferrari SP48 Unica diluncurkan sebagai model terbaru seri One-Off yang masuk grup eksklusif. Mobil ini sangat-sangat spesial karena dikembangkan khusus oleh Ferrari sesuai dengan keinginan satu orang pelanggan (single client).

SP48 Unica dirancang Ferrari Styling Center, dengan arahan Chief Design Officer Flavio Manzoni. Ini juga merupakan mobil sport Berlinetta dua tempat duduk yang dikembangkan dari model F8 Tributo.

Berlandaskan model aslinya, SP48 Unica sangat mudah dikenali dengan garis-garisnya yang tegas dan bentuk bodinya yang agresif. Alhasil, SP48 Unica langsung mudah dikenali berkat profil bagian depannya yang berbentuk panah. Efek tersebut dihasilkan dari desain ulang lampu depan dan relokasi brake air intakes.

Dalam rilis Ferrari Indonesia, aspek penting desain supercar nan unik ini adalah penggunaan secara ekstensif teknik pemodelan prosedural-parametrik dan prototipe 3D (manufaktur aditif).

Inovasi itu memungkinkan para desainer Ferrari Styling Center dan ahli mesin Maranello sepenuhnya mendesain ulang gril depan dan engine air intakes, dilansir dari Liputan6.com (18/05/2022).

Proses produksi lanjutan ini menghasilkan gril 3D sempurna yang tampak seperti diukir dari sebuah bidang solid, sehingga menciptakan sensasi seamless continuity dan dynamic fluidity.

Solusi grafis prosedural yang diadopsi pada pengerjaan bodi mobil berhubungan langsung dengan gril dan mempengaruhi desain keseluruhan SP48 Unica: transisi dari warna hitam (termasuk jendela, atap, dan penutup mesin) ke warna bodi mobil benar-benar tampak jelas.

Efek visor depan yang memukau semakin dipertegas dengan pengurangan ukuran jendela samping dan penghilangan jendela belakang, menampilkan kekokohan SP48 Unica yang tampak terbuat dari satu balok logam.

Aspek perencanaan menekankan bagian tengah atap yang mencakup representasi grafis dari air intakes yang dipasang pada bagian belakang dari penutup mesin berbahan carbon-fibre sebelum sayap belakang.

Desain thermal-fluid-dynamic milik SP48 Unica disempurnakan guna menjamin terpenuhinya semua syarat sistem pendinginan, selain memberikan keseimbangan aerodinamis yang berbeda.

Dibandingkan Ferrari F8 Tributo, perubahan terbesar SP48 Unica: air intake untuk aliran pendinginan mesin yang terletak di bumper depan dan di bawah spoiler belakang.

Masing-masing model memiliki gril prosedural yang seksama, yang mana setiap bagian memiliki sudut optimal untuk memaksimalkan jumlah udara yang lewat.

Konfigurasi mobil tersebut juga memungkinkan para ahli mesin Ferrari menempatkan intercooler intake tepat di belakang jendela samping, yang memungkinkan berkurangnya ukuran intake di bagian samping mobil.

Jarak sumbu roda belakang ke bumper belakang yang lebih panjang akan mengurangi efek penghisapan dari bagian atap sehingga meningkatkan downforce pada bagian belakang mobil.

Proyek Khusus

Meskipun kabin SP48 Unica tetap mempertahankan ciri khas F8 Tributo (tidak termasuk layar belakang), pengembangan produksi yang cermat dan teliti terus dilakukan guna mencapai kombinasi warna dan trim yang sempurna.

Misalnya, sarung jok Alcantara warna hitam yang menggunakan teknik perforasi laser dan dikembangkan secara khusus untuk membalut jok dan sebagian besar trim kabin.

Di bagian bawahnya terdapat aksen bahan berwarna oranye kemerahan yang senada dengan warna eksterior mobil.

Dirancang untuk pelanggan setia yang terlibat secara penuh dalam setiap langkah pembuatannya, Ferrari SP48 Unica seri One-Off merupakan interpretasi luar biasa dari mobil sport.

Mengambil inspirasi dari dan memberi penghormatan pada nilai-nilai inti perusahaan Ferrari: inovasi dan semangat, SP48 Unica berhasil mencapai tujuannya untuk mengubah model yang ada dengan efek yang luar biasa.

Ferrari menciptakan program proyek khusus yang unik, selanjutnya disebut “One-Off”. Pasalnya, memiliki ciri khas: desain eksklusif yang dibuat berdasarkan kebutuhan tiap individu pelanggan untuk memastikan pelanggan tersebut menjadi pemilik satu-satunya model mobil tersebut.

Menariknya, setiap proyek berawal dari ide yang diajukan oleh pelanggan dan kemudian dikembangkan bersama tim desainer dari Ferrari Styling Centre.

Setelah menentukan proporsi dan bentuk mobil, cetak biru desain yang terperinci dan biaya pembuatan dikeluarkan sebelum proses pengerjaan One-Off baru dimulai. Keseluruhan proses memerlukan waktu rata-rata lebih dari satu tahun; selama waktu tersebut pelanggan dilibatkan secara aktif dalam penilaian desain dan fase-fase verifikasi.

Hasilnya? Sebuah Ferrari unik dengan logo the Prancing Horse yang diproduksi dengan standar keunggulan yang sama seperti setiap mobil yang diluncurkan dari jalur perakitan Maranello. (Uli)

loading...