Ini Merupakan Alasan Pertamina Masih Pertahankan Premium

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Minggu, 20 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Indonesia menjadi satu-satunya negara di ASEAN yang masih mempertahankan bahan bakar minyak (BBM) dengan RON 88 atau Premium. Pertamina menegaskan bila hal ini merupakan tugas dari Pemerintah.

“Premium ini kan termasuk jenis bahan bakar penugasan dari Pemerintah. Artinya Pertamina di sini menjalankan tugas perintah melalui Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018,” kata Eko Kristiawan, Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR III wilayah Jakarta, Jawa Barat dan Banten, dilansir dari Liputan6.com (18/09/2020).

Saat ini, Indonesia menjadi satu-satunya negara di ASEAN yang menjual BBM dengan RON 88 dan masuk daftar tujuh negara di dunia yang masih menjual bensin berjenis premium.

“Memang masih ada tujuh negara yang menggunakan BBM jenis ini (Premium), seperti Indonesia, Kolombia, Mongolia, Mesir dan Bangladesh. Kalau negara tetangga terdekat kita Malaysia, Singapura dan Kamboja itu sudah tidak menggunakan RON 88,” kata Eko.

Eko juga menegaskan, kewenangan untuk tak lagi menjual BBM jenis premium tak berada di tangan Pertamina, karena pihaknya hanya menjalankan perintah penugasan yang diberikan.

“Ketika ini sifatnya penugasan, untuk tetap menyediakan BBM jenis premium di masyarakat. Artinya kewenangan itu bukan di pertamina, karena ini sifatnya penugasan jadi kita hanya menjalanakan tugas dari pemerintah,” tuturnya.

Pertamina Miliki Banyak Varian BBM

Selain itu, Pertamina Sales Area Manager Retail Banten, Probo Prasiddhahayu menegaskan, Pertamina merupakan perusahaan minyak dan gas (migas) yang paling banyak menjual varian bensin dan solar saat ini.

“Indonesia menjual cukup banyak varian, lebih banyak dari varian industri sejenis. Saat ini, Pertamina menjual sampai enam varian bahan bakar,” kata Probo.

Untuk negara ASEAN lainnya, pejualan jenis BBM terendah berada di RON 91. Bahkan di negara Filipina, telah tersedia BBM dengan RON 100. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: