Ini Makna Jersey Tandang Barcelona, Dukungan Kepada Perempuan

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Minggu, 18 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – FC Barcelona resmi meluncurkan jersey tandang terbaru mereka untuk musim kompetisi 2021-2022.

Jersey terbaru Blaugrana, julukan Barcelona, ini diresmikan pada Kamis (15/7/2021) waktu setempat.

Terkait seragam tandang terbaru mereka, Barcelona dan produsen perlengkapan olahraga asal Amerika Serikat, Nike, yang mensponsori klub meluncurkan warna ungu pastel sebagai warna utama.

Warna ungu pastel yang mendominasi jersey tandang Blaugrana kali ini dikombinasikan dengan warna biru dan merah sebagai penanda dua warna Barcelona.

Selain itu, warna ungu pastel juga terlihat pada logo klub, nomor punggung, nama di bagian belakang, dan apparel olahraga Barcelona, Nike.

Pemilihan warna ungu pastel bukan tanpa sebab. Seragam tandang berwarna ungu pastel Barcelona ini memiliki makna di baliknya.

Dikutip dari Kompas.com (17/07/2021), Barcelona mempersembahkan seragam tandangnya untuk musim 2021-2022 dengan warna ungu untuk menandakan kampanye pemberdayaan kepada perempuan serta kesetaraan gender.

Selain itu, warna ungu pastel menunjukan sejarah klub Barcelona sebagai asal mula tim sepak bola wanita dunia yang tahun ini genap berumur 50 tahun terhitung sejak 25 Desember 1970 dengan nama tim ‘Seleccio Ciutat de Barcelona’.

Untuk merayakan tonggak sejarah itu, beberapa pemain Barcelona wanita saat ini seperti Aitana Bonmati, Jennifer Hermoso, Marta Torrejon, Alexia Putellas, dan Carolin Graham Hansen dimasukkan ke dalam kampanye bersama beberapa legenda Barcelona wanita untuk meluncurkan seragam tandang baru mereka.

Perlu diketahui pula bahwa ada perbedaan antara jersey tim sepak bola putra dan putri Barcelona, yakni di bagian sponsor depan.

Jika tim pria menampilkan sponsor Rakuten di bagian dada, tim wanita memamerkan sponsor mereka sendiri, yakni Stanley.

Adapun, jersey tandang Barcelona dilengkapi celana pendek berwarna ungu pastel dengan garis biru dan garnet di sisinya. Begitu pula dengan warna kaus kaki juga sama dengan celana dan jersey. (Uli)