Ini Lima Tips Bikin Foto Candid Makin Kece

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 8 Juli 2019

Indolinear.com, Jakarta- Salah satu aktivitas yang selalu dilakukan selama liburan Lebaran yaitu mengabadikan berbagai momen dalam bidikan kamera, termasuk dari smartphone. Dari berbagai macam foto, hasil candid biasanya memberikan efek berbeda karena emosi subjek lebih tampak dan natural.

Mengabadikan momen natural ini memerlukan sejumlah tips sederhana. Berikut rangkuman 5 tips untuk mengabadikan momen natural dengan kamera, seperti dikutip dari Liputan6.com (06/07/2019):

  1. Selalu Bawa Kamera

Cara terbaik untuk memotret secara spontan adalah selalu membawa kamera yang kamu punya, baik itu DSLR, mirrorless, atau sekadar smartphone. Kamu harus selalu memerhatikan lingkungan sekitar agar tidak kehilangan momen menarik, dan tidak disadari oleh subjek.

Pengambilan secara candid biasanya menghasilkan foto-foto yang menarik, karena lebih memperlihatkan emosi si subjek.

  1. Perhatikan Aktivitas Orang-orang

Foto subjek yang sedang beraktivitas atau melakukan sesuatu, cenderung lebih menarik daripada yang hanya diam dan tersenyum ke kamera.

Jika subjek foto terlihat sedang sibuk, maka langsung arahkan kamera. Hal ini akan menambah lebih banyak energi pada foto dan memiliki elemen cerita, karena mereka tidak fokus ke kamera.

Galaxy S10 Plus

Kamu tidak bisa memberitahu seseorang untuk bertindak natural. Oleh sebab itu, cara terbaik untuk mengambil foto momen secara alami yaitu dengan candid. Hal ini jelas tidak akan bisa dilakukan ketika ada flash menyala.

Cobalah memotret tanpa flash, jika kamu memotret secara candid. Ketika dalam kondisi cahaya redup, naikkan pengaturan ISO agar hasil foto tampak lebih terang.

Cara lain, kamu bisa memanfaatkan cahaya alami di sekitar, seperti sinar matahari atau cahaya “buatan” seperti lampu.

  1. Bidik dari Samping

Memotret dengan sudut dari samping membuat semuanya terlihat sedikit lebih menarik dan alami.

Ketika kamu mengamati adegan dari samping, itu dinilai akan membuat seperti ada “pemisah” antara kamu dan subjek pada hasil foto. Cara ini juga disebut bisa memberikan perasaan spesial pada hasil foto.

  1. Bersenang-senang!

Hal menakjubkan dari fotografi candid yaitu semuanya tidak harus sempurna. Nikmati semua momennya.

Biarkan diri kamu berinteraksi dengan subjek. Dorong mereka untuk berinteraksi satu sama lain, agar kamu bisa menghasilkan cerita yang diinginkan pada hasil foto. (Uli)