Ini Lima Gejala Dehidrasi Yang Bisa Muncul Pada Bayi

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Minggu, 28 Februari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Dehidrasi merupakan salah satu kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan cairan. Hal ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja namun juga dapat dialami oleh bayi.

Dehidrasi pada bayi bisa terjadi karena sejumlah hal. Masalah kesehatan bisa dialami akibat cairan yang keluar terlalu banyak melalui keringat, muntah, maupun diare.

Sayangnya, pada bayi, karena dia tidak bisa berbicara langsung, perlu kesadaran orangtua untuk mengetahui masalah ini. Ketika masalah dehidrasi ini tidak diatasi secara cepat dan tepat, bisa terjadi dampak berbahaya pada buah hati.

Dengan mengenali gejala dehidrasi ini lebih cepat, orangtua bisa lebih cepat mencari cara penanganan. Dilansir dari Merdeka.com (26/02/2021), berikut sejumlah gejala dehidrasi pada bayi yang harus disadari oleh orangtua.

Popok Kering

Ketika bayi mengalami dehidrasi, popok miliknya bakal lebih kering dari biasanya karena kurang buang air. Selain itu dehidrasi membuat air seni keluar dalam jumlah sedikit dengan warna yang gelap dan bau menyengat. MedlinePlus menyarankan agar kamu segera menghubungi dokter jika popok bayi tidak basah selama lebih dari delapan jam.

Air Mata Kering

Menangis adalah hal normal yang terjadi pada bayi. Namun jika bayi sering menangis tanpa keluar air mata, hal ini bisa menjadi tanda awal dari dehidrasi.

Beberapa Bagian tubuh Menjadi Cekung

Bayi memiliki tubuh yang lembut dan gempal. Ketika bayi mengalami dehidrasi, maka beberapa bagian tubuhnya akan terasa cekung terutama pada bagian sekitar mata maupun pipi.

Tidak Aktif Bergerak

Bayi yang dehidrasi biasanya kurang aktif dan lesu. Jika buah hatimu mengalami hal demikian serta lemas, bisa jadi itu adalah tanda dari dehidrasi.

Kulit Kering dan Dingin

Dehidrasi juga membuat kulit bayi terasa kering dan dingin saat disentuh. Bibir pun akan kering serta pecah-pecah. Ketika kamu mencoba mencubit pelan kulit bayi dan masih tetap berada di posisi yang sama, kemungkinan dia mengalami dehidrasi.

Ketika sejumlah hal tersebut terjadi pada buah hati, sebaiknya orangtua segera mencari penanganan yang tetap. Ketika terlambat diatasi, masalah ini bisa berdampak serius pada kesehatan buah hati. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: