Ini Lima Cara Jitu Agar Ban Berumur Panjang

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 6 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com.com, Jakarta – Ban merupakan satu-satunya komponen pada kendaraan bermotor yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, kondisi ban harus dipastikan dalam kondisi baik.

Tapi, biasanya ban sudah mulai licin setelah satu tahun pemakaian jika setiap hari bercengkerama dengan aspal. Lalu, supaya ban sedikit lebih awet dan tak mudah licin, menurut Corsa Tire, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, dilansir dari Liputan6.com (04/08/2020).

Pertama, selalu jaga tekanan angin sesuai dengan ketentuan standar yang tercantum pada ban. Supaya kinerja ban tetap optimal.

Kedua, jangan jorok. Selalu jaga kebersihan ban dengan rajin mencuci ketika sudah mulai tampak kotor. Dengan begitu, karet kompon ban lebih awet dan tidak mudah mengeras sehingga daya cengkeram terhadap permukaan jalan tetap terjaga dengan optimal.

Ketiga, pakailah cairan yang aman dan memenuhi syarat untuk mengkilapkan ban. Jangan sembarangan dan asal memilih cairan pengkilap ban.

Keempat, Hindari kontaminasi yang berlebihan antara permukaan karet ban dengan zat yang mengandung minyak karena akan merusak struktur karet yang mudah mengembang dan memicu kerobekan pada ban.

Kelima, ada peran tukang tambal ban untuk menjaga ban. Sebab, tukang tambal ban yang tak profesional atau handal bisa merusak struktur ban. Apalagi jika menggunakan alat-alat yang tidak tepat. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: