Ini Enam Hal Yang Buat Berat Badan Pria Melonjak Cepat

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Minggu, 21 Maret 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Selama ini terdapat anggapan bahwa setelah menikah, pria pasti mengalami lonjakan berat badan. Walau begitu, tentu saja melonjaknya berat badan initidak dapat dijelaskan dengan sesederhana itu.

Terdapat sejumlah faktor yang mempengaruhi kenapa pria bisa bertambah berat badanyya dengan sangat mudah. Beberapa penyebab bisa dikenali dengan sangat mudah seperti ketika kamu baru mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi gula.

Walau begitu, pada kondisi lainnya, penyebab bertambahnya berat badan ini kadang tidak dapat dikenali secara mudah. Bertambahnya berat badan secara cepat ini harus menjadi perhatian karena bisa jadi merupakan tanda adanya masalah kesehatan.

Dilansir dari Merdeka.com (19/03/2021), Lawrence Cheskin, MD, direktur dari Johns Hopkins Weight Management Center menyatakan bahwa meningkatnya berat badan sebesar 2,5 kilogram pada pria harus menjadi perhatian serius. Walau hal ini biasa dialami wanita, namun pada pria hal ini merupakan sebuah tanda bahaya. Berikut sejumlah hal yang bisa menyebabkan berat badan pria melonjak dengan cepat.

  1. Konsumsi Terlalu Banyak Garam

Konsumsi sodium bisa menyebabkan tubuh menyimpan banyak air. Konsumsi tinggi garam selama beberapa hari berturut-turut bisa menyebabkan banyak garam tersimpan pada tubuh sehingga berat badanmu meningkat.

Makanan cepat saji serta olahan biasanya cenderung menyebabkan dampak ini. Oleh karena itu, ketika kamu baru mengonsumsi makanan ini, ada kemungkinan berat badanmu melonjak cepat.

  1. Konsumsi Obat Tertentu

“Terdapat sejumlah obat yang bisa menyebabkan meningkatnya berat badan,” terang W. Scott Butsch, M.D., dari Bariatric and Metabolic Institute, Cleveland Clinic.

Faktanya, konsumsi obat bisa menjadi penyebab 15 persen dari kasus obesitas yang terjadi. Hal ini bisa dialami ketika mengonsumsi obat depresi, obat penyakit jantung, obat tidur, pereda sakit, serta beberapa obat anti-alergi.

  1. Makan Lebih Banyak Tanpa Disadari

Walau hal ini merupakan petunjuk yang jelas, namun kadang hal ini terlewat diawasi seseorang. Beberapa hal bisa menjadi penyebab mengapa kamu mendadak jadi makan lebih banyak tanpa disadari.

Hal ini mungkin terjadi akibat kamu membeli alat masak baru sehingga memasak dan makan lebih banyak. Tambahan sedikit makanan yang kamu konsumsi tiap hari dapat berakumulasi sehingga kamu makan lebih banyak dibanding biasanya.

  1. Mengubah Pola Diet

Mengubat pola dan jenis diet bisa menyebabkan meningkatnya berat badan. Hal ini mungkin kamu alami ketika berganti ke diet keto yang mengandung lebih banyak biji-bijian dan tepung.

Hal ini terjadi karena karbohidrat disimpan di dalam otot dan hati sebagai glikogen. Setiap gram glikogen mengandung tiga gram air sehingga konsumsi makanan seperti pasta bisa menyebabkan lebih banyak air di dalam jaringan tubuhmu.

  1. Berat Badan Turun

Uniknya, meningkatnya berat badan secara mendadak bisa disebabkan karena berat badan yang baru saja turun.

“Berat badan dan lemak tubuh kita bisa sangat terikat sehingga sistem tubuh kita harus bertindak untuk menjaga keseimbangan,” jelas Butsch.

Hal ini berarti bahwa setiap berat badan yang turun, kamu bisa mengalami naik kembali dalam jumlah yang sama.

  1. Penyakit Endokrin

Setidaknya satu dari lima orang dewasa mengalami kondisi yang dikenal sebagai hipotiroidisme. Waslau kondisi ini biasa terjadi pada wanita, namun tak menutup kemungkinan bahwa kondisi ini juga dialami pria.

Masalah kesehatan lain yang dikenal sebagai penyakit Cushing juga bisa menjadi penyebab berat badan naik. Kedua penyakit ini sama-sama menyerang jaringan endokrin dan menyebabkan berat badan naik secara mendadak. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: