Ini Deretan Buah Dengan Kandungan Gula Paling Tinggi

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Senin, 26 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Buah-buahan merupakan salah satu sumber makanan bernutrisi yang perlu kita konsumsi sehari-hari. Kandungan tinggi nutrisi dan serat di dalam buah menjadikannya sebagai makanan yang tepat untuk dikonsumsi secara rutin.

Terdapat beragam macam buah yang bisa kita peroleh dengan berbagai manfaat kesehatan yang berbeda-beda. Selain itu, tiap buah juga memiliki rasa yang berbeda sehingga bisa memanjakan lidah kita.

Salah satu rasa yang biasanya ada pada semua buah adalah rasa manis. Hal ini menjadikan banyak orang sangat senang mengonsumsi buah, baik orang dewasa maupun anak-anak karena rasa manis yang dimilikinya ini.

Namun tahukah kamu bahwa kandungan rasa manis yang berasal dari masing-masing buah in ternyata berbeda-beda? Beberapa buah memiliki kandungan gula lebih tinggi dibanding buah lainnya.

Tingginya kandungan gula dalam buah ini perlu kamu perhatikan agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Dilansir dari Merdeka.com (24/07/2021), berikut sejumlah buah dengan kandungan gula yang tinggi di dalamnya.

  1. Mangga

Buah memiliki manfaat untuk memenuhi kebutuhan serat dan nutrisi penting pada tubuh. Buah mangga merupakan salah satu buah-buahan dengan kandungan gula paling tinggi.

Sebutir buah mangga memiliki kandungan gula sebesar 46 gram. Oleh karena itu, buah ini disarankan untuk tidak dikonsumsi pada saat berusaha menurunkan berat badan. Pada masa-masa tersebut, kamu hanya disarankan mengonsumsi beberapa iris mangga saja.

  1. Anggur

Anggur merupakan buah dengan kandungan gula yang cukup tinggi. Secangkir anggur memiliki kandungan gula hingga 23 gram di dalamnya.

Oleh karena itu, penting untuk mengawasi porsimu dalam mengonsumsi buah ini. Pastikan untuk memakannya secara perlahan dan hitung seberapa banyak anggur yang sudah kamu konsumsi.

  1. Ceri

Buah ceri juga termasuk salah satu buah-buahan dengan kandungan gula yang tinggi. Secangkir ceri bisa memiliki kandungan gula hingga 18 gram.

Sama seperti anggur, karena buah ini memiliki ukuran yang kecil, kamu bisa secara tak sengaja mengonsumsinya secara berlebih. Pastikan untuk memperhatikan seberapa banyak buah yang akan kamu konsumsi ini agar tidak berlebihan.

  1. Pir

Buah pir juga memiliki kandungan gula yang tinggi di dalamnya. Buah pir ukuran sedang memiliki kandungan gula setidaknya 17 gram di dalamnya.

Pada buah pir, kamu bisa memotongnya menjadi dua dan mengonsumsi sisanya nanti. Cara ini bisa membantu untuk membatasi konsumsi buah ini.

  1. Semangka

Semangka merupakan buah yang sangat menyegarkan dengan kandungan air yang tinggi dan manis. Buah ini juga memiliki kandungan elektrolit seperti potassium di dalamnya yang diperlukan tubuh.

Sebutir semangka ukuran sedang memilki kandungan gula sekitar 18 gram. Rasa ringan dan segar dari semangka menjadikan kamu rentan mengonsumsinya secara berlebih. Untuk mencegahnya, pastikan untuk membatasi konsumsi buah ini.

  1. Buah Tin atau Ara

Buah tin atau ara merupakan buah-buahan dengan kandungan gula tinggi di dalamnya. Dua buah tin ukuran sedang memiliki kandungan gula hingga 16 gram.

Untuk membatasi konsumsi buah tin ini, sebaiknya kamu membelahnya terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan buah ini sebagai saus atau hidangan pendamping.

  1. Pisang

Buah lain yang sangat sering kita konsumsi dan memiliki kandungan tinggi gula adalah pisang. Satu pisang dengan ukuran sedang memiliki kandungan 14 gram di dalamnya.

Pastikan untuk membatasi jumlah konsumsi buah pisang ini sebanyak satu butir. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan memotonganya dan mencampurnya dengan makanan lain seperti oatmeal. (Uli)