Ini Cara Posting Story Dan Foto Di Instagram Lewat PC

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Rabu, 15 Juli 2020

Indolinear.com, Jakarta – Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang sangat populer digunakan saat ini. Ya, hal itu karena Instagram menjadi platform yang bisa berkomunikasi sekaligus berbagi foto maupun video.

Seiring perkembangan, Instagram juga turut memperbarui fitur mereka. Mulai dari Story hingga IGTV kini sangat disukai para pengguna.

Sejauh ini, jika kamu ingin mengunggah foto ke Instagram maupun fitur Story, hanya bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel. Namun sayang, untuk bisa mengunggah foto maupun video di Instagram lewat PC masih banyak yang tidak tahu.

Tapi tenang, kamu yang sehari-hari berada di hadapan PC juga bisa tetap berbagi foto maupun video lewat PC kok. Berikut cara posting Story dan foto di Instagram lewat PC yang dilansir dari Liputan6.com (13/07/2020).

Log In Instagram Lewat PC

Untuk memulainya, kamu perlu melakukan log in Instagram melalui website di PC, instagram.com. Setelah itu lakukan log in seperti biasa.

Sudah menyelesaikan log in, maka kamu akan berlanjut ketampilan feed Instagram. Kemudian kamu tekan kombinasi tombol pada keyboard ‘Ctrl+Shift+I’ untuk menampilkan menu ‘Developer Tools’.

Atau mudahnya, kamu bisa mencobanya juga dengan pengaturan dari Chrome dengan klik ikon ‘titik tiga’ kemudian pilih ‘More Tools’ dan ‘Developer Tools’.

Setelah itu, kamu akan disuguhi dengan tampilan ‘Developer Tools’ yang muncul pada bagian kanan Chrome.

Nah, di sini kamu jangan hiraukan pilihan apapun. Kamu hanya perlu langsung memilih ikon dengan gambar ‘ponsel dan tablet’ yang terletak pada bagian kiri atas (kolom tadi). Ikon tersebut akan mengubah tampilan situs dari desktop menjadi versi Mobile.

Tampilan Instagram Jadi seperti di Ponsel

Setelah kamu klik gambar ‘ponsel dan tablet’ tadi, maka tampilan situs Instagram akan berubah. Untuk menyesuaikan tampilan pada bagian atas situs, kamu pilih tab ‘Responsive’.

Di sini kamu bisa memilih layar sesuai dengan model ponsel. Pada tab ‘Responsive’ tadi, akan disuguhkan pilihan model ponselnya, mulai dari Samsung Galaxy S5 hingga iPad Pro.

Kalau sudah memilih ukuran layar, kamu perlu me-refresh di halaman situs tersebut. Kamu bisa melakukan Refresh dengan menekan tombol ‘F5’ pada keyboard atau klik ikon ‘tanda panah putar’ di sebelah kiri URL address bar.

Tak lama kemudian, kamu akan disuguhi dengan tampilan Instagram baru versi ponsel yang telah kamu pilih sebelumnya.

Posting Story dan Foto di Instagram

Nah, lanjut pada tujuan awal. Untuk posting Story dan foto, kamu bisa melakukan ‘upload’ dengan mengklik tanda ‘+’ pada ‘Your Story’ atau pada menu bar yang terletak di bagian bawah situs tersebut, mirip dengan aplikasi Instagram versi ponsel.

Kalau sudah klik tanda ‘+’, maka pengguna akan disodori sebuah kotak dialog. Kotak ini akan membantu kamu untuk memilih foto yang bakal kamu posting ke Instagram, tentunya melalui PC kamu.

Bisa Bereksperimen seperti di Versi Ponsel

Tak berbeda dengan posting Story di ponsel, lewat PC kamu juga bisa menambahkan teks atau stiker. Sementara untuk posting foto, kamu juga bisa menggunakan filter edit foto yang disediakan Instagram seperti di ponsel.

Namun perlu diingat, tak sempurna seperti posting lewat ponsel. Instagram versi web hanya akan mengenali file gambar dengan ekstensi JPG/JPEG saja. Untuk gambar dengan ekstensi GIF/PNG serta video tidak bisa diunggah ke Instagram lewat PC.

Dengan melakukan posting menggunakan PC ini, kamu tidak perlu repot-repot untuk memindahkan file foto yang terdapat di PC. Saat kamu ingin posting foto di Instagram, kamu sudah bisa langsung mengunggahnya langsung lewat PC. (Uli)