Ini Benda Paling Gelap Di Muka Bumi Buatan Ilmuwan Arab

Rabu, 28 Oktober 2015
Iptek | Uploader Arif
loading...

Indolinear – Publik telah mengenal Ventablack, benda yang diklaim sebagai yang terhitam di Bumi. Nah, kini Ventablack punya saingan yang berasal dari negara Arab.

Ilmuwan dari Universitas King Abdulla, Arab Saudi, baru saja menciptakan sebuah material yang bisa menyerap total sinar cahaya secara handmade. Tingkat penyerapan cahayanya bisa mencapai 99 persen untuk cahaya dengan panjang gelombang 400-1400 nanometer.

Berkat kemampuan penyerap cahaya itu, benda yang masih belum diberi nama ini disebut sebagai benda buatan tangan manusia yang paling gelap dalam sejarah. Ya, meski disorot senter dari arah manapun, benda ini tetap terlihat hitam legam tak memantulkan sinar.

Menariknya, untuk membuat bahan super gelap ini, ilmuwan terinspirasi dari kumbang putihcyphochilus. Putih bukan hitam? Anda tidak salah, kumbang putih itu mempunyai lapisan kulit yang terbuat dari struktur kristal yang bisa memantulkan cahaya dengan sempurna.

Nah, ilmuwan Universitas King Abdulla berusaha untuk membalik proses itu, dengan memanfaatkan struktur kulit si kumbang cyphochilus untuk membuat bahan yang bisa menyerap cahaya dengan sempurna. Hasilnya, mereka menggunakan rangkaian tabung berukuran nano (ya, teknologi partikel nano) untuk membuat material penyerap cahaya itu.

Di masa depan, ilmuwan berharap bahan ini bisa dipakai di pembangkit listrik tenaga surya, guna mengoptimalkan penyerapan cahaya. (uli)

 

Sumber: Merdeka.com