Ini Alasannya Mengapa Pelek Mobil Wajib Rutin Dicuci

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Sabtu, 22 Februari 2020

Indolinear.com, Jakarta – Pelek kadang terlupakan saat sedang mencuci mobil. Padahal, bagian ini juga harus mendapatkan perawatan rutin supaya dapat berfungsi dengan optimal dan tidak mudah rusak.

Mengutip dari Liputan6.com (20/02/2020), karena berada di bagian bawah, pelek mobil lebih mudah terkena kotoran, debu, dan bisa jadi oli yang tak sengaja menetes.

Membersihkannya pun cukup mudah, cukup siapkan sikat gigi dan spon besar yang halus. Tak lupa, sediakan sabun untuk menghilangkan kotoran dan kerak yang menempel.

Pada saat pembersihan, gosok pelek dari atas ke bawah supaya kotoran tidak semakin melebar. Setelah itu, diamkan sejenak supaya zat kimia pada sabun bereaksi. Waktu mendiamkannya tergantung pada sabun yang dipakai.

Kemudian, bersihkan sisa-sisa sabun sampai benar-benar bersih dan kering. Hal itu harus dilakukan supaya tidak ada bercak air pada pelek yang justru bisa membuat debu mudah menempel.

Jika perlu, poles pelek dengan wax atau pun cairan pelindung lainnya. Hal ini tentu akan membuat pelek bersih lebih lama dan mencegah debu dan kotoran menempel. (Uli)

INDOLINEAR.TV