Ingin Lihat Ramalan, Warga Nonton Pembukaan Kain Cupu Kiai Panjolo

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 29 Oktober 2015
loading...

Indolinear – Ribuan warga Yogyakarta menghadiri ritual pembukaan kain pembungkus Cupu Kiai Panjolo di rumah ahli waris Dwijo Sumarto, Dusun Mendak, Girisekar, Panggang, Gunung Kidul. Warga berbondong-bondong karena ingin melihat ramalan kain pembungkus Cupu Kiai Panjolo.

Ribuan warga terus berdatangan hingga menjelang Selasa dini hari. Mereka datang karena penasaran dengan ramalan dari kain Cupu Kiai Panjolo.

Yuwono, salah seorang warga yang datang mengatakan setiap tahun dia datang untuk melihat ritual tersebut. Sayangnya, sudah dua tahun ini dia selalu gagal untuk ikut masuk melihat langsung.

“Kalau kepercayaan, ada ramalan satu tahun ke depan. Ada tandanya, saya cuma ingin tahu saja.”

Menurut kepercayaan kain kafan yang membungkus Cupu Kiai Panjolo akan berbentuk gambar yang bisa diartikan sebagai pertanda peristiwa yang akan terjadi setahun mendatang. Sedangkan isi pembungkus kain yaitu guci yang dibungkus peti kecil.

Sementara itu, Kurwosugiyono trah pemilik Cupu menjelaskan setelah ritual pembukaan Cupu selesai dilakukan, maka mereka akan memberitahukan kepada warga yang datang isi dari ramalan.

“Kalau sudah selesai nanti akan diberitahu. Masyarakat boleh melihat juga,” ujarnya.

Sementara menunggu pembukaan Cupu, warga yang datang disuguhi makanan berupa nasi uduk, rawisan selain itu juga nasi gurih, adrem, peyek kuning dan putih serta abon. (uli)

Sumber: Merdeka.com