Inggris Sumbang Alat Kesehatan Senilai Rp14 Miliar Untuk Indonesia

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Kamis, 5 Agustus 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pemerintah Inggris mengumumkan akan menyumbang sejumlah alat kesehatan (alkes) penting senilai $1 juta atau setara Rp 14 miliar untuk Indonesia.

Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Rob Fenn mengatakan bantuan tersebut akan menyusul kedatangan 620.000 dosis vaksin AstraZeneca yang telah tiba di Indonesia pada Senin (2/8/2021) lalu.

“Donasi peralatan tersebut akan digunakan untuk membeli konsentrator oksigen yang akan digunakan untuk memberikan perawatan dan menyelamatkan jiwa mereka yang paling membutuhkan,” ujar Fenn, dilansir dari Tribunnews.com (04/08/2021).

Donasi alkes Inggris akan difasilitasi melalui UNICEF – yang akan berkoordinasi langsung dengan Kementerian Kesehatan RI.

Fenn mengatakan donasi alat kesehatan ini menggarisbawahi komitmen Inggris untuk membantu Indonesia melawan virus Corona.

“Seperti yang dikatakan Menteri Luar Negeri Ibu Retno Marsudi, satu-satunya cara untuk keluar dari pandemi ini adalah melalui kerja sama. Alat kesehatan ini dapat membantu mereka yang membutuhkan, menyelamatkan nyawa dan mempercepat pemulihan Indonesia,” jelas Fenn.

Rencana pengiriman donasi alkes ini sebelumnya diumumkan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab pada Senin (2/8/2021).

Raab mengatakan, Inggris sebagai teman dekat dan mitra kerja berdiri bersama Indonesia dalam perjuangan melawan COVID-19.

“Kami membagikan 1 juta dosis vaksin dan peralatan medis untuk mendukung respon dan pemulihan Indonesia dari pandemi. Tidak ada yang aman sampai kita semua aman,” ujar Raab.  (Uli)