Indonesia Telah Menyepakati Koridor Wisata Dengan Korea Selatan

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Jumat, 14 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengumumkan, Indonesia dan Korea Selatan telah menyepakati perjanjian Koridor Wisata untuk Keperluan Bisnis atau essential business travel corridor.

Retno mengungkap, kesepekatan yang diraih kedua negara akan mulai berlalu bertepatan dengan perayaan kemerdekaan RI, 17 Agustus.

“Alhamdullilah, pembahasan mengenai pengaturan tersebut telah selesai. Pada hari ini saya umumkan bahwa essential business travel corridor arrangement dengan Korea Selatan telah disepakati dan

akan berlaku pada Senin, 17 Agustus 2020, bertepatan dengan peringatan Kemerdekaan Indonesia ke-75,” ujar Retno dalam press brefing mingguan secara daring, dilansir dari Tribunnews.com (13/08/2020).

Retno mengungkap, kesepekatan dengan Korea Selatan ini merupakan essential business travel corridor arrangement kedua yang dimiliki Indonesia, setelah yang pertama disepakati dengan UAE dan berlaku sejak 29 Juli 2020 yang lalu.

“Pembahasan arrangement ini dilakukan secara detail dan memakan waktu yang tidak sebentar. Hal ini kita lakukan guna memastikan bahwapengaturan travel corridor ini senantiasa mengedepankan protokol

kesehatan yang ketat,” ungkap mantan dubes RI untuk Belanda ini.

Retno berharap, melalui pengaturan ini dapat memberi fasilitas kunjungan sektor swasta dan bisnis yang akan melanjutkan berbagai kerja sama dan investasi.

“Bahwa travel corridor dengan Korea Selatan ini diperuntukkan untuk bisnis esensial, kalangan diplomatik dan dinas, tidak termasuk kunjungan untuk wisata,” tegas Retno.

Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri Santo Darmosumarto menuturkan lebih lanjut, mekanisme travel corridor arrangement masih dalam proses pembahasan dengan memperhatikan protokol kesehatan masing-masing negara.

Saat ini, Indonesia juga sedang membahas hal yang sama di negara-negara ASEAN dan juga Tiongkok. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: