Indonesia Menambah Wakil Ke Olimpiade Tokyo Dari Cabor Selancar

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Selasa, 8 Juni 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Wakil Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 bertambah seusai peselancar Rio Waida dinyatakan lolos kualifikasi.

Rio Waida dinyatakan lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 oleh International Surfing Association (ISA) setelah menjadi runner-up pada ajang ISA World Surfing Games 2019 di Miyazaki, Jepang.

Pada event tersebut, empat atlet putra dan putri yang berhak memiliki poin tertinggi dari masing-masing kontinental, yakni Afrika, Asia, Eropa, dan Oseania berhak mendapat tiket ke Olimpiade Tojyo.

Untuk Zona Asia, satu tiket Olimpiade Tokyo sebenarnya menjadi milik peselancar Jepang, Shun Murakami, yang menjadi pemenang ISA World Surfing Games 2019.

Namun, slot yang diperoleh Shun Murakami kini dialokasikan ke Rio Waida.

Dilansir dari Kompas.com (07/06/2021), hal itu lantaran Shun Murakami juga lolos ke final ISA World Games 2021 bersama peselancar putra Jepang lainnya, yaitu Hiroto Ohhara.

ISA World Games 2021 yang merupakan kejuaraan penutup rangkaian kualifikasi surfing digelar di El Salvador pada 29 Mei hingga 6 Juni 2021.

Pada final tersebut, Shun Murakami dan Hiroto Ohhara akan memperebutkan satu slot ke Olimpiade untuk peselancar putra Jepang.

Adapun terkait kuota atlet di Olimpiade, ISA telah menetapkan 40 tiket masing-masing 20 atlet putra dan 20 atlet putri.

Setiap negara hanya boleh mengirimkan dua wakilnya, baik putra maupun putri ke pesta olahraga terakbar di dunia tersebut.

Sebelumnya, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari sempat melontarkan harapannya agar cabang olahraga surfing bisa meloloskan wakil ke Olimpiade.

Raja Sapta Oktohari optimistis dengan lolosnya atlet dari cabor surfing akan menambah peluang Indonesia mendulang medali emas.

“Kami masih berusaha menambah wakil. Sekarang kita doakan surfing bisa lolos,” kata Raja Sapta Oktohari.

“Kalau kita bisa meloloskan wakil, insya Allah surfing ini bisa potensi emas,” ujarnya.

Dengan lolosnya Rio Waida, Indonesia untuk sementara telah memiliki 20 wakil yang akan tampil di Olimpiade Tokyo 2020.

Sebanyak 20 wakil itu tersebar di tujuh cabang olahraga, yaitu bulu tangkis, atletik, menembak, panahan (entry-by-entry), angkat besi, dayung, dan selancar. (Uli)