Indikator Airbag Tiba-Tiba Menyala, Lima Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Sabtu, 19 Desember 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Indikator airbag yang tiba-tiba menyala tentu saja menimbulkan rasa tidak nyaman saat berkendara. Indikator menyala ini menandakan adanya gangguan teknis.

Anda sebaiknya waspada jika lampu indikator airbag menyala. Mengingat airbag memang hanya digunakan dalam keadaan darurat saja yaitu saat terjadinya kecelakaan parah.

Jika sistem airbag error bisa menandakan airbag tidak bekerja sebagaimana mestinya saat terjadi kecelakaan dan Anda tentu tidak mau mengalami hal tersebut.

Lampu indikator yang menyala, sebenarnya mewakili SRS (Supplemental Restraint System) yang merupakan sistem pengamanan tambahan. SRS umum digunakan untuk menyebut sebuah perangkat keselamatan pada mobil seperti airbag dan sabuk pengaman.

Sebelum melakukan pengecekan ke bengkel resmi, tidak ada salahnya Anda mengenali berbagai faktor yang bisa menimbulkan indikator airbag menyala. Dilansir dari Liputan6.com (17/12/2020).

  1. Riwayat Kecelakaan

Penyebab indikator airbag menyala yang terakhir, bisa dikarenakan riwayat kecelakaan yang terjadi. Meski tidak sampai merusak keseluruhan bagian mobil, namun kecelakaan dalam kecepatan tertentu bisa berpeluang menyebabkan indikator airbag menyala.

  1. Kode Komputer Bermasalah

Kemudian, penyebab indikator airbag menyala tiba-tiba bisa dikarenakan sistem keamanan mobil itu sendiri. Pasalnya, zaman sekarang mobil tidak hanya dirakit dengan komponen mekanis dan kelistrikan, namun juga beragam sistem komputer yang terdiri dari kode-kode rumit.

Begitu juga dengan sistem SRS, di mana turut disusun dari kode-kode rumit komputer tersebut. Apabila lampu air bag menyala, bisa jadi ada kode komputer yang tidak sesuai, eror, atau bahkan tidak berfungsi.

Maka akan lebih bijak jika langsung membawa mobil ke bengkel terdekat. Tujuannya untuk dilakukan deteksi dengan alat khusus.

  1. Clock Spring Bermasalah

Penyebab indikator airbag menyala selanjutnya bisa dikarenakan clock spring bermasalah. Tapi, apa sebenarnya clock spring yang dimaksud? Clock spring adalah komponen menghubungkan antara driver module dengan unit pengaturan airbag. Di mana driver module ada pada bagian kemudi mobil. Letaknya tepat dipasang pada bagian belakang roda kemudi mobil.

Itulah mengapa, jika kabel clock spring terjadi gangguan bisa menimbulkan masalah. Pasalnya, terjadinya hal tersebut bisa dikarenakan saat pembongkaran dan pemasangan yang kurang tepat. Mau tidak mau, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pembongkaran kembali serta memasang kabel ini dengan benar seperti sediakala.

  1. Gangguan pada Saklar Sabuk Pengaman

Kemudian, penyebab indikator airbag menyala tiba-tiba bisa berasal dari sistem sabuk pengaman. Tepatnya pada saklar sabuk pengaman yang mungkin saja mengalami gangguan. Padahal, fungsi dari saklar sabuk pengaman ini untuk mendeteksi apakah sabuk pengaman sudah terpasang atau belum. Apabila saklar sabuk pengaman terganggu, bukan tidak mungkin jadi penyebab indikator airbag menyala.

Penyebab dari gangguan pada saklar sabuk pengaman ini bisa berupa benda asing atau kotoran yang menghalangi saklar dalam mendeteksi sabuk pengaman. Maka, jika diketahui indikator dari airbag menyala, coba perhatikan di bagian sabuk pengaman. Pastikan ada atau tidak kotoran maupun benda asing lainnya yang mengganjal.

  1. Masalah pada Sistem Keselamatan Mobil

Penyebab indikator airbag menyala bisa dikarenakan ada gangguan pada sistem kemanan mobil. Walau kasusnya tidak banyak, tapi penting untuk diperhatikan karena masih terdapat peluang terjadi kapan saja dan di mana saja.

Seperti yang sempat disinggung pada awal artikel, jika lampu indikator airbag yang menyala, merupakan wakil dari Supplemental Restraint System (SRS) yang merupakan sistem pengaman tambahan pada kendaraan. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: