Ilmuwan Mengungkapkan Hal Yang Terjadi Jika Alien Menghubungi Bumi

liputan6com/indolinear.com
Kamis, 16 November 2017
loading...

Indolinear.com, Berkeley – Seorang direktur saintifik di proyek Breakthrough Listen, Andrew Siemion, mengaku setiap harinya menghabiskan beberapa menit untuk berpikir tentang cara mengumumkan jika dirinya menemukan kehidupan alien.

Breakthrough Listen adalah rencana besar yang didirikan oleh Biliuner Rusia, Yuri Milner, yang menganalisa sinyal potensial yang diterima Bumi, di mana salah satunya bisa menjadi pesan dari alien.

“Mungkin lima atau 10 menit sebelum aku tidur, aku berpikir apa yang akan kita lakukan jika kita benar-benar menemukan sinyal,” ujar Siemion.

“Ini merupakan hal yang sangat sulit bagaimana dunia akan bereaksi terhadap hal tersebut. Namun secara personal, aku pikir itu akan menghasilkan reaksi yang sangat positif. Aku pikir ini akan menjadi saat yang sangat menyatukan,” jelas dia.

Namun Siemon mengatakan, dirinya belum menentukan apakah penduduk Bumi akan membalas pesan tersebut. Sementara itu beberapa tahun yang lalu, Stephen Hawking yang pernah terlibat dalam proyek Milner memperingatkan bahwa membalas pesan alien akan memicu musnahnya kehidupan Bumi.

Apa yang dikemukakan oleh Hawking sejalan dengan International Academy of Astronautics. IAA memiliki satu set protokol bagi mereka yang terlibat dalam pencarian kehidupan di luar Bumi.

Organisasi internasional tersebut menetapkan bahwa siapa pun yang menemukan sinyal alien, harus membuat dunia tahu akan hal itu dan tak boleh meresponsnya. Namun itu hanya sekedar protokol dan tak ada yang bisa diadili jika melanggar.

Dengan demikian, begitu sinyal ditemukan, tidak mungkin ilmuwan bisa menghentikan seseorang dengan peralatan yang tepat untuk tidak menyiarkan pesan tersebut.

Dikutip dari Liputan6.com (15/11/2017), hal tersebut terlepas dari peringatan yang dikemukakan oleh Hawking dan perdebatan ilmuwan lain tentang apakah kita seharusnya berbicara dengan alien.

Namun jika misalnya seseorang melakukan kontak, kemungkinan besar tak ada manusia yang bisa melakukan percakapan atau melihat kemusnahan manusia seperti yang pernah disebut oleh Hawking.

Salah satu dunia yang berpotensi dihuni di luar sistem Tata Surya kita adalah Proxima b yang berjarak sekitar 4,2 tahun cahaya. Jika ada alien yang mengirim sinyal dari Proxima b, setiap pesannya membutuhkan 4,2 tahun cahaya untuk terkirim dan waktu sama untuk membalasnya.

Dengan teknologi yang ada saat ini, hal tersebut akan membatasi komunikasi karena dibutuhkan waktu bertahun-tahun bagi sinyal alien untuk sampai ke Bumi.

Sementara itu beberapa ilmuan mengklaim telah mencegat pesan yang kemungkinan berasal dari alien. Hasil penemuan itu disebut Breakthrough Listen sebagai hal yang ‘menjanjikan’.

Proyek tersebut mempublikasikan hasil awalnya minggu lalu. Namun pihaknya mengatakan belum menemukan banyak hal atas hal tersebut. (Uli)