Ilmuwan Menemukan Ubur-Ubur Sebesar Manusia Di Laut Inggris

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 5 Desember 2019
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Daly dan Abbott adalah sepasang penyelam yang tengah melancarkan ekspedisi di lepas pantai Cornwall, Inggris saat mereka bertemu dengan binatang laut tak bertulang yang berukuran raksasa. Hewan marin itu bernama Rhizostoma pulmo atau Barrel Jellyfish, ubur-ubur langka yang dapat tumbuh sebesar manusia.

Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan berharga, keduanya mendokumentasikan apa yang mereka lihat, dilansir dari Liputan6.com (04/12/2019).

Berkat kemampuan Dan Abbott yang merupakan ahli sinematografi bawah laut, foto dan video yang dihasilkan terlihat sangat menarik.

Dokumentasi itu kemudian diunggah dalam akun Facebook Lizzie Daly yang merupakan ahli biologi pada Sabtu, 13 Juli 2019 bagian dari kampanye Wild Ocean Week – program pengumpulan uang oleh United Kingdom’s Marine Conservation Society.

Apa Uniknya?

Tak hanya berukuran raksasa, sebesar tubuh manusia; ubur-ubur yang berjuluk dustbin-lid jellyfish ini memiliki keunikannya sendiri.

Hewan tak bertulang itu memiliki delapan lengan besar yang ditutupi tentakel. Wajahnya bulat besar. Nampaknya para penyelam harus hati-hati, karena binatang lunak ini bisa menyengat, seperti pada umumnya.

Ubur-ubur ini sering pula hanyut terbawa ke pantai, kata Daly.

Ada yang Lebih Besar

Meski Barrel Jellyfish adalah ubur-ubur terbesar yang pernah ditemukan di perairan Inggris, nyatanya terdapat hewan sejenis yang berukuran lebih besar.

Ubur-ubur yang lebih besar itu bernama Cyanea capillata atau Lion’s Mane Jellyfish. Jika dibandingkan dengan hewan lunak jenis ini, Barrel Jellyfish relatif sangat kecil. Meningat, Lion’s Mane memiliki panjang hingga 36,5 meter – berkali-kali lipat dari ukuran manusia normal. Bahkan, Lion’s Mane lebih panjang dari pada seekor paus biru.

Lion’s Mane juga lebih berbahaya. Hewan ini dapat menyengat 50 hingga 100 orang hanya dalam hitungan menit saja. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: