Ilmuwan Menemukan Ratusan Ribu Tulang Hewan Dan Manusia Di Gua Arab Saudi

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Rabu, 4 Agustus 2021
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Para ilmuwan menemukan ratusan ribu tulang belulang hewan dan manusia di sebuah gua di wilayah barat daya Arab Saudi, yang diyakini dikumpulkan oleh hyena belang selama lebih dari 7.000 tahun.

Penemuan itu terjadi di tabung lava Umm Jirsan, terowongan 1,5 kilometer yang terletak di ladang lava Harrat Kaybar, tulis para ilmuwan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan.

Penemuan tersebut termasuk tulang sapi, caprid, kuda, unta, hewan pengerat, dan bahkan manusia.

Dalam sebuah utas di Twitter, ilmuwan Stewie Stewart menyampaikan, akumulasi tulang selama ribuan tahun menunjukkan tabung lava itu menciptakan “kondisi yang sangat baik untuk pengawetan tulang”.

“Di wilayah di mana pelestarian tulang sangat, sangat buruk, situs seperti Umm Jirsan menawarkan sumber daya baru yang menarik,” tambahnya, dikutip dari Al Arabiya, dilansir dari Merdeka.com (03/08/2021).

Para ilmuwan dapat menyimpulkan bahwa sisa-sisa itu dibawa oleh hyena belang berdasarkan penelitian mereka tentang jenis tulang, frekuensi, dan lokasi.

“Makhluk-makhluk ini adalah pengumpul tulang yang rajin, yang mereka angkut ke sarang untuk dikonsumsi, diumpankan ke yang lebih muda, atau disimpan,” kata Stewart.

Terlepas dari penelitian yang berfokus pada hyena, para ilmuwan menyimpulkan dalam artikel mereka yang diterbitkan bahwa “keledai telah menjadi ternak penting di wilayah tersebut selama ribuan tahun.”

“Umm Jirsan (dan situs serupa lainnya di wilayah tersebut) kemungkinan memiliki wawasan berharga tentang ekologi dan lingkungan Holosen Arabia. Penelitian ini hanyalah puncak gunung es,” pungkas Stewart. (Uli)