Ilmuwan Meneliti Otak Lalat Buah Untuk Mempelajari Algoritma Canggih

merdekacom/indolinear.com
Rabu, 29 November 2017
loading...

Indolinear.com – Siapa yang menyangka bahwa kunci untuk mendapatkan algoritma komputer yang jauh lebih baik ternyata bisa didapatkan di otak lalat buah. Hal ini pun dibuktikan oleh para ilmuwan.

Menurut para ilmuwan yang dilansir dari Merdeka.com (28/11/2017), lalat buah selalu melakukan ‘pencarian kesamaan’ yang biasa dilakukan komputer kita. Contohnya, jika kita mencari video klip Coldplay di YouTube, daftar rekomendasi kita juga akan menampilkan Radiohead, karena algoritma menganggap kedua band tersebut mirip secara musikalitas.

Nah, lalat buah melakukan ini. Ketika mereka mencium bau jeruk yang merupkana makanan, di masa depan mereka akan tahu kalau ada bau yang mirip jeruk pasti juga makanan. Jadi algoritma alami tersebut adalah metode mereka dalam bertahan hidup.

Namun tentu metode lalat adalah metode yang sangat jauh berbeda dengan komputer. Itulah mengapa ilmuwan ingin menelitinya.

Komputer sendiri melihat dari berbagai hal untuk melakukan algoritma. Seperti menentukan Coldplay dan Radiohead tadi, algoritma akan melihat genere, jenis kelamin penyanyi, instrumen yang dimainkan, dan masih banyak lagi. Hal ini yang membuat adanya kesamaan dan akan ditampilkan jika masing-masing kategori dicari. Namun, lalat melakukan sebaliknya.

Menurut Saket Navlakha, salah satu penulis studi ini yang merupakan ilmuwan komputer dari Sak Institute for Biological Studies, disebut bahwa ketika lalat buah mencium sesuatu untuk pertama kalinya, 50 neuron menyala dalam kombinasi yang unik, dan justru memperluas informasihnya jadi lebih detil, kepada hingga 2000 neuron.

Hal ini membuat lalat buah dapat mengenali bau yang sama lebih cepat, karena disebar ke neuron yang lebih luas. (Uli)