Ilmuwan Berhasil Ciptakan Pohon Silsilah Keluarga Raksasa, Menghubungkan 27 Juta Orang

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Minggu, 8 Mei 2022
Unik | Uploader Yanti Romauli

Indolinear.com, Jakarta – Para ilmuwan baru-baru ini berhasil menciptakan pohon silsilah keluarga, yang biasa disebut family tree, terbesar di dunia.

Pohon keluarga tersebut dilaporkan menghubungkan sekitar 27 juta orang yang diyakini memiliki hubungan darah di seluruh dunia.

Bagan silsilah keluarga yang dibuat oleh tim ilmuwan di Inggris itu bisa dilacak ke belakang hingga puluhan ribu tahun.

Diharapkan upaya pembuatan pohon silsilah keluarga ini akan membantu para ilmuwan memahami evolusi umat manusia lebih banyak.

Pohon keluarga jumbo ini bahkan dipercaya bisa membantu mendorong penelitian medis dengan mengidentifikasi penyakit keturunan atau genetik.

” Kami pada dasarnya membangun pohon keluarga yang sangat besar. Ini adalah model silsilah semua umat manusia yang menghasilkan semua variasi genetik yang kita temukan pada manusia saat ini,” ujar peneliti utama, Dr Yan Wong, dilansir dari Dream.co.id (07/05/2022).

Menurut Dr Wong, pohon silsilah keluarga ini memungkinkan kita untuk melihat bagaimana urutan genetik setiap orang yang berhubungan satu sama lainnya.

Penelitian dari Universitas Oxford ini menggabungkan genom modern dan kuno, yang memberikan detail yang belum pernah dilihat sebelumnya tentang bagaimana orang di seluruh dunia terkait satu sama lain.

Seperti diketahui, genom manusia terdiri dari satu set lengkap DNA yang ditemukan dalam tubuh setiap orang. Genom ini berisi semua ‘petunjuk’ bagaimana manusia akan berkembang.

Genom tersebut dikumpulkan oleh para ilmuwan dari ratusan ribu orang selama berabad-abad yang lalu. Sebagian silsilah yang dikumpulkan ini bahkan bisa ditelusuri kembali ke puluhan ribu tahun yang lalu.

Pencapaian ini tidak lepas dari kemajuan analisis biologis yang memungkinkan para ilmuwan membuat ‘peta’ yang lebih besar dari rute-rute genom ini yang telah diambil sepanjang sejarah.

Teknik baru untuk pembuatan family tree terbesar di dunia ini telah dijelaskan dalam jurnal Science.

” Penelitian ini meletakkan dasar bagi teknik pengurutan DNA generasi berikutnya,” tambah Dr Wong.

Dalam pembuatan pohon silsilah keluarga ini, tim peneliti sebelumnya harus menjaring delapan database yang berisi 3.609 urutan genom manusia.

Kemudian, dengan menggunakan algoritma komputer, tim peneliti memprediksi kapan dan di mana nenek moyang kita tinggal.

Setelah melakukan perhitungan yang rumit, para ilmuwan Oxford akhirnya bisa membangun jaringan silsilah yang berisi hampir 27 juta nenek moyang manusia. (Uli)

loading...