Ikan ‘Mutan’ Punya Kaki Dan Hidung Manusia

Sabtu, 6 Februari 2016
loading...

Indolinear.com – Penduduk pulau Carriacou, salah satu pulau di Kepulauan Karibia dikejutkan oleh kemunculan seekor ikan mutan yang tidak sengaja tertangkap nelayan. Ikan ini mempunyai beberapa bagian tubuh aneh yang bahkan membuat ilmuwan heran.

Seperti yang terlihat di foto, ikan laut ini memiliki sepasang kaki, tubuh pipih dan hidung yang oleh penduduk disebut mirip hidung manusia. Ikan ini tertangkap nelayan bernama Hope McLawrence (74) di sekitar dermaga Windward, beberapa mil dari Grenada.

“Banyak orang berkumpul untuk melihat ikan itu, dan tidak ada yang pernah melihat ikan seperti itu sebelumnya. Bahkan beberapa orang terlihat ketakutan,” ujar salah satu warga sekitar.

Lebih lanjut, ikan ini terukur sepanjang 30 sentimeter, tanpa sirip besar di sisi tubuh. Ada sepasang sirip di sisi kanan-kiri tubuhnya yang terlihat mirip sayap.

Oleh pakar, ikan ini diprediksi sebagai salah satu spesies dari frogfish (Antennariidae) yang masih satu keluarga dengan ikan ‘pemancing’ anglerfish. Beberapa jenis ikan ini memang berevolusi dan mempunyai sirip depan yang difungsikan untuk berjalan di dasar laut atau karang. Namun tidak ada yang bentuknya benar-benar seperti kaki mungil di ikan alien Karibia itu. (uli)

 

Sumber: Merdeka.com

 

loading...