Iin Ayu, Ratu Ular Yang Menaklukkan King Kobra 4 Meter

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Rabu, 12 Januari 2022
Unik | Uploader Yanti Romauli

Indolinear.com, Purwokerto – Ular king kobra termasuk hewan yang sangat berbahaya. Butuh keahlian dan keberanian untuk bisa menyingkirkan raja segala jenis ular berbisa ini.

Karena itu sebagian besar orang sangat takut bila bertemu atau berada sangat dekat dengan king kobra yang terkenal ganas dan mematikan tersebut.

Namun hal itu tidak berlaku bagi Iin Ayu, warga Jalan Kecamatan No 3, Kelurahan Karangpucung, Kecamatan Purwokerto Selatan, Jawa Tengah.

Karena keberaniannya yang luar biasa, wanita berusia 57 tahun ini dijuluki oleh warga sebagai Ratu King Kobra dari Purwokerto, dilansir dari Dream.co.id (10/01/2022).

Awal Pertama Ratu Ular Purwokerto Suka Ular

Iin tidak menganggap king kobra sebagai satwa yang berbahaya. Ia bahkan begitu menikmati kebersamaan dengan binatang melata ini.

Sebagai pencinta ular, Iin mengaku memelihara lusinan king kobra. Satu di antaranya Si Merah, ular king kobra asal Sumatra berusia enam tahun.

Ular tersebut unik lantaran bersisik merah cerah karena pada umumnya king kobra berwarna hitam atau cokelat gelap.

Iin mulai tertarik dengan ular sejak berusia remaja, usianya ketika itu 17 tahun saat ia masih bersekolah SMA. Ular pertama yang ia akrabi adalah ular sawah.

” Kalau orang Banyumas bilangnya ular Rangon, ular yang banyak ditemukan di sawah,” ucapnya.

Masukkan Ular ke Dalam Tas Sekolah Kayak Mainan

Namun Iin tak bisa menjelaskan kenapa tiba-tiba suka dengan ular, termasuk king kobra. Rasa suka itu muncul begitu saja tanpa meniru atau mengidolakan seseorang.

” Jadi saya sulit menjelaskan, tetapi saya bisa merasakan. Seperti panggilan, naluri dalam diri saya,” katanya.

Ada kebiasaan lucu yang selalu dilakukan Iin saat awal-awal dia suka bermain dengan ular. Saat itu Iin tak berani terus terang dengan orangtua tentang kegemarannya bermain dengan ular.

Karena saking takut ketahuan orangtua, Iin terkadang nekat menyembunyikan ular ke dalam tas sekolah seolah itu adalah mainannya.

” Ular kan nggak bisa bunyi ya, jadi kalau dimasukkan tas nggak ada yang tahu,” ujar sambil senyum mengingat masa mudanya.

Pelihara Berbagai Jenis Ular di Garasi Rumah

Kecintaan Iin terhadap ular tidak main-main. Kini ia memiliki ratusan ular berbagai jenis yang ditaruh di garasi rumahnya.

” Ada yang tidak berbisa seperti piton, ada juga yang berbisa seperti viper dan kobra,” katanya, sembari memegang seekor king kobra.

Ibundanya sampai tidak berani datang ke rumahnya karena garasi di kedua rumahnya penuh dengan ular. Namun itu tak menyurutkan kecintaan terhadap ular.

Evakuasi King Kobra Sepanjang Empat Meter

Sekitar setahun yang lalu, Iin diminta bantuan untuk mengevakuasi seekor king kobra raksasa di area perkebunan warga di Patikraja, Banyumas.

Bersama 4 rekan sesama reptiler, Iin pun mendatangi lokasi di mana king kobra itu bersembunyi. Sebelumnya, Iin memastikan kondisi kesehatan diri sendiri dan timnya.

Penampakan Ular King Kobra Hitam yang Hadang Panji Petualang di Hutan, Hampir Menyamai Panjang Garaga

Dia juga menyiapkan berbagai peralatan mulai dari galah hingga kantong serta obat-obatan. Sampai di lokasi, tim berpencar untuk mencari sarang king kobra itu.

Tak berselang lama, seekor king kobra terciduk di sekitar rumpun bambu. Setelah memanjatkan doa, Iin dibantu empat orang lainnya menangkap king kobra itu. Ular sepanjang empat meter berhasil ditangkap.

Tak jauh dari lokasi itu, Iin dan timnya menemukan satu ekor lagi king kobra raksasa. Dengan sigap Iin menangkap ular itu.

” Satu panjangnya empat meter, yang satu hampir sama, empat meter kurang sedikit,” ujar Iin.

Alasan Ular Sering Masuk Rumah Warga

Menanggapi fenomena ular king kobra yang masuk ke rumah warga, Iin mengatakan akhir tahun atau memasuki musim penghujan merupakan masa ular menetas.

Ular yang masuk ke rumah warga sebenarnya karena dorongan untuk bertahan hidup dan berkembang biak.

” Ular-ular itu hanya mencari makan, karena ular kobra biasanya makan tikus. Itu kenapa ketika ditemukan biasanya di dapur,” dia menjelaskan.

Menurut Iin, langkah pertama jika menemukan ular king kobra di rumah adalah berusaha tetap tenang. Sebab, jika panik dan membuat gerakan spontan, ular king kobra juga berubah agresif.

” Ular king kobra sangat sensitif dengan gerakan, jadi penglihatannya lebih pada sensor pendeteksi gerak. Kalau ada gerakan, ular kobra akan sangat peka dan bisa menyerang,” katanya.

Tips Atasi Gigitan Ular King Kobra

Selain itu, Iin menyarankan agar warga tidak menyentuh ular kobra dengan tangan kosong. Jika tidak memiliki keahlian khusus, bisa terkena gigitan yang berakibat fatal.

” Gunakan lah alat seadanya, bisa sapu atau kayu untuk mengusir ular keluar. Boleh dibunuh tapi jika benar-benar sudah mengancam keselamatan,” katanya.

Sesepuh komunitas pencinta ular bernama Bawor (Banyumas Wong Reptil) ini juga berbagi tips jika sampai digigit ular king kobra.

Iin menyarankan jangan menggerakkan bagian tubuh yang tergigit agar racun tak langsung menyebar ke seluruh tubuh. Langsung dibawa ke dokter atau rumah sakit terdekat.

” Sekarang sudah ada imobilisasi untuk mengurangi gerakan, itu standar WHO. Jadi jangan diikat atau disayat,” pungkasnya. (Uli)