Ibu Bertemu Anaknya Yang Sudah Meninggal Melalui Teknologi Virtual Reality

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Selasa, 18 Februari 2020

Indolinear.com, Korsel – Teknologi yang semakni maju, memang membuat semuanya menjadi mudah dan praktis.

Dari mulai belanja atau bahkan sekedar melakukan komunikasi dengan orang di luar sana, bisa menggunakan sebuah teknologi.

Terlebih, saat ini sudah ditemukan teknologi Virutal Reality (VR) yang dimana kita dapat bertemu dengan orang terkasih atau bahkan yang sudah meninggal.

Sebuah film dokumenter asal Korea Selatan menceritakan pertemuan orangtua dengan anaknya yang telah meninggal, menggunakan teknologi VR.

Film dokumenter berjudul “I Met You” menceritakan seorang ibu bernama Jang Ji-sung “bertemu” dengan putrinya, Nayeon yang telah meninggal dunia sejak 2016, dalam usia tujuh tahun akibat sakit.

Momen haru ketika Jang Ji-sung bertemu dengan putrinya Nayeon itu disiarkan oleh Munhwa Broadcasting Corporation, melalui kanal YouTube-nya pada 6 Februari 2020.

Dilansir dari Tribunnews.com (17/02/2020), mengatakan bahwa tim produksi MBC membutuhkan setidaknya waktu 8 bulan untuk menciptakan Nayeon dalam bentuk virtual.

Dengan menggunakan teknologi VR tersebut, karakter Nayeon dibuat sedetail mungkin, mulai dari wajah, tubuh, hingga suara pun benar-benar dibuat mirip.

Dalam video itu terlihat Jang Ji-sung mengenakan headset VR dan sarung tangan khusus untuk melihat, mendengar, dan menyentuh putrinya dalam versi virtual.

Lalu ia berjalan mengelilingi green room, di mana dalam penglihatannya, ia tengah berada di sebuah taman dan seolah-olah sedang berinteraksi dengan putrinya, Nayeon.

Tak hanya itu, Jang Ji-Sung dan putrinya juga menghabiskan waktu bersama-sama dengan saling berpegang tangan, memetik bunga, dan merayakan ulang tahun Nayeon lengkap dengan kue kesukaannya.

Dalam dokumenter itu, Jang Ji-sung juga didampingi oleh suami dan kedua anaknya yang menangis, saat menyaksikan momen pertemuan dengan Nayeon tersebut.

Jang Ji-sung mengatakan bahwa rasa rindunya terbayar ketika ia telah “bertemu” dengan putrinya Nayeon berkat teknologi VR tersebut.

“Mungkin itu benar-benar surga. Aku bertemu Nayeon yang memanggilku dengan senyum untuk waktu yang sangat singkat, tapi ini dapat membuatku sangat bahagia”, ucap Jang Ji-sung dalam film dokumenter tersebut.

Jang Ji-sung juga berharap semua orang yang menonton dokumenter ini akan selalu ingat dengan Nayeon.

Film dokumenter “I Met You” telah ditonton sebanyak 13 juta kali di kanal YouTube MBClife, dan mendapat reaksi komentar dari banyak orang yang mengaku ikut merasakan kesedihan dari Jang Ji-sung. (Uli)

INDOLINEAR.TV