IBL 2021 Usai, 8 Pemain Gabung Pelatnas Timnas Basket Indonesia

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Rabu, 9 Juni 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Sebanyak delapan pemain yang terbagi dari dua klub Pelita Jaya dan Satria Muda yang bersaing di final IBL 2021 akan langsung bergabung ke pelatnas tim nasional basket Indonesia.

Mereka yang dipanggil memperkuat pasukan Merah Putih adalah Agassi Yeshe Goantara, Vincent Rivaldi Kosasih, Govinda Julian Saputra, dan Andakara Prastawa Dhyaksa dari Pelita Jaya.

Sementara dari Satria Muda adalah Hardianus Lakudu, Juan Laurent Kokodiputra, Arki Dikania Wisnu, dan Kevin Yonas Argadiba Sitorus.

“Mereka sudah harus gabung besok (Selasa),” kata asisten pelatih timnas basket Indonesia, Wahyu Widayat Jati, dilansir dari Kompas.com (08/06/2021).

Dengan bergabungnya 8 pemain di atas, pelatnas timnas basket Indonesia kini sudah diisi 17 pemain.

Sebelumnya, pelatih timnas basket Indonesia, Rajko Toroman, sudah memanggil sembilan nama. Mereka adalah Ali Baghir, Yudha Saputera, Aldi Izzatur, Dame Diagne, Serigne Modou Kane, Mohammad Arighi, Kevin Sanjaya, Abraham Damar Grahita, dan Widyanta Putra Teja.

Meski demikian, Wahyu Widayat Jati mengungkapkan ada sistem promosi dan degradasi yang berlaku dalam pelatnas timnas basket Indonesia.

Nantinya hanya 12 pemain yang akan membela timnas basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2021.

“Selama pelatnas, promosi dan degradasi berlaku. Pada akhirnya kami hanya akan memaksimalkan 12 pemain untuk hadapi pertandingan nanti,” ujar Wahyu.

Timnas basket Indonesia akan kembali berlaga di Kualifikasi Jendela III FIBA Asia Cup 2021 di Filipina pada 16-20 Juni.

Pada jendela ketiga, Indonesia akan berhadapan dengan Korea pada 17 Juni. Setelah itu, Indonesia bertanding melawan Filipina pada 19 Juni dan yang terakhir berjumpa Thailand pada 20 Juni 2021.

Indonesia kini berada di peringkat ketiga klasemen Grup A dengan rekor pertandingan 1-2.

Indonesia kalah 76-109 atas Korea, menyerah 70-100 dari Filipina, tetapi berhasil menang 90-76 dari Thailand.

Timnas Indonesia akan berjuang sekuat tenaga meski hasil dari pertandingan di Filipina tidak berpengaruh pada nasib Indonesia yang sudah lolos sebagai tuan rumah FIBA Asia Cup 2021.

FIBA Asia Cup 2021 dijadwalkan digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada 19-27 Agustus 2021. (Uli)

loading...